TY - THES N1 - Pembimbing: Sudharno Dwi Yuwono, M. Pd. ID - digilib53149 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53149/ A1 - Fachruddin Tanjung, NIM.: 18102020001 Y1 - 2022/06/23/ N2 - Yogyakarta 2022. Hypnoterapi diperlukan dalam mengatasi permasalahan peserta didik. Hal ini disebabkan metode tersebut dapat dengan mudah digunakan untuk mengubah pikiran, perasaan, perilaku dan keperibadian. Di MTs 6 Bantul Yogyakarta telah dilakukan layanan Bimbingan dan Konseling yang mengunakan teknik tersebut untuk meningkatkan kedisiplinan sholat siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses hypnoterapi yang telah dilakukan di MTs tersebut. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua orang terapis dan dua orang siswa sebagai konseli. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan metode Triangulasi. Analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses hypnoterapi yang dilakukan untuk meningkatan kedisiplinan sholat Pada Siswa MTs 6 Bantul Yogyakarta sesuai dengan konsep pelaksanaan metode tersebut sesuai dengan teori Milton H Erickson. Proses yang dilakukan meliputi pre-induction talk, induction, deepening, suggestion dan termination. pada penelitian ini juga ditemukan suatu ke khasan dari pelaksanaan hypnoterapi yaitu dengan mengkombinasikan dengan teknik role model. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Hypnoterapi KW - Kedisiplinan KW - Sholat KW - Role Model M1 - skripsi TI - HYPNOTERAPI DENGAN TEKNIK ROLE MODEL UNTUK KEDISIPLINAN SHOLAT SISWA AV - restricted EP - 93 ER -