@phdthesis{digilib53155, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18102020022 Ata Luthfa Af Idati}, year = {2022}, note = {Pembimbing: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.}, keywords = {Layanan Bimbingan, Self Acceptance, Bimbingan Kelompok}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53155/}, abstract = {Remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak hingga dewasa yang akan mengalami perubahan baik secara emosi, tubuh, minat dan perilaku. Dengan adanya perubahan yang dialami, membuat remaja mengalami banyak permasalahan. Peneliti menemukan fenomena tampak pada remaja zaman sekarang yang menunjukkan rendahnya self acceptance yang dimilikinya yaitu kurang percaya diri, kurang bersyukur, sering insecure, merasa tidak lebih dari yang lain dan merasa tidak berhasil serta putus asa ketika apa yang diperoleh tidak sesuai dengan harapannya. Fenomena tersebut tampak pada remaja ketika berada di lingkungan sosialnya. Dalam rangka meningkatkan self acceptance pada remaja khususnya siswa di sekolah, maka diberikan layanan bimbingan kelompok agar siswa memiliki nilai self acceptance lebih tinggi guna lebih sukses dalam menjalani kehidupannya untuk menggapai masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self acceptance pada siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen menggunakan the one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala self acceptance. Analisis data menggunakan paired sample T-test dengan bantuan program IBM SPSS 24.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menyatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yang dibuktikan dengan adanya perubahan dari skor rata-rata pretest 102,6333 dengan skor rata-rata posttest 104,4667 dan adanya nilai paired T-test sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan self acceptance pada siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta.} }