eprintid: 5322 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/53/22 datestamp: 2013-08-20 04:23:40 lastmod: 2013-08-20 04:25:39 status_changed: 2012-05-04 16:47:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISTIANAH - NIM. 06410160 , title: PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs DARUL AMANAH KABUNAN NGADIWARNO SUKOREJO KENDAL JAWA TENGAH ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Aqidah Akhlak note: Pembimbing: DR. Sangkot Sirait, M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Indikator keberhasilan pembelajaran pendidikan agama islam mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Akan tetapi kenyataanya bahwa pembelajaran pendidikan agama islam baru menyentuh pada ranah kognitif yaitu sebatas pada penguasaan materi saja selain itu pembelajaran pendidikan agama islam masih kurang diminati oleh siswa. Akidah akhlak merupakan bagian dari pendidikan agama islam yang lebih mengedepankan aspek afektif, baik nilai ketuhanan maupun kemanusiaan yang hendak ditanamkan dan ditumbuh kembangkan kedalam peserta didik. Pembelajaran monoton atau kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan dianggap menjenuhkan serta tidak menyenangkan bagi siswa, merupakan salah satu penyebab siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, Pelaksanaan pembelajaran Akidah akhlak di MTs Darul Amanah belum sepenuhnya mengarah pada pembelajaran aktif serta menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil latar MTs Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Sukorejo Kendal Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Amanah kurang menyenangkan dikarenakan metode dalam pembelajaran akidah akhlak masih monoton yaitu ceramah dan tanya jawab, guru belum maksimal dalam menerapkan strategi-strategi belajar aktif karena kurangnya pengetahuan atau pemahaman terhadap strategi-strategi itu sendiri disebabkan latar belakang pendidikan guru yang belum seluruhnya sarjana pendidikan, selain itu karena terbatasnya waktu maka media yang digunakan tidak bervariasi hanya media yang tersedia dikelas. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Amanah mencakup tiga tahapan yaitu tahap pra-intruksional (kegiatan awal), tahap intruksional (kegatan inti), dan tahap akhir (kegiatan akhir/penutup) Metode yang digunakan cenderung ceramah dan tanya jawab dan untuk media papan tulis serta buku paket akidah akhlak. date: 2011-01-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-01-20 11:11:32 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--istianahni-5102-1-istianah-h.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/103/digilib-uinsuka--istianahni-5102-1-istianah-h.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5676 ; nama file lama : ISTIANAH - NIM. 06410160 PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs DARUL AMANAH KABUNAN NGADIWARNO SUKOREJO KENDAL JAWA TENGAH.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1389251 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ISTIANAH - NIM. 06410160 , (2011) PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs DARUL AMANAH KABUNAN NGADIWARNO SUKOREJO KENDAL JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/2/BAB%20II%2CIII.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/9/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/10/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/11/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/12/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5322/22/small.jpg