eprintid: 53234 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/32/34 datestamp: 2022-09-22 06:57:42 lastmod: 2022-09-22 06:57:42 status_changed: 2022-09-22 06:57:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Zannuba ‘Arifah Munawaroh, NIM.: 18107010056 title: EFEKTIVITAS GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP HAMONG PUTERA NGAGLIK ispublished: pub subjects: psi_ko divisions: jur_psi full_text_status: restricted keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gerakan sekolah menyenangkan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 45 (N=45), merupakan siswa kelas VII dan kelas VIII SMP Hamong Putera Ngaglik. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu skala kepercayaan diri yang diturunkan dari aspek-aspek Lauster (1992). Selanjutnya penerapan konsep GSM disusun dengan menggunakan empat prinsip perubahan yaitu 1) Learning Environment (Penciptaan Lingkungan Positif), 2) Character Development (Pengembangan Karakter), 3) Pedagogical Practice (Pembelajaran Penalaran dan Kesadaran Diri), 4) School Connectedness (Keterhubungan Sekolah). Hasil uji statistik dengan menggunakan teknik Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa n nilai p=0,000 lebih kecil daripada 0,05 (p<0,05) maka terdapat perbedaan yang signifikan anta skor pre-test dan post-test, nilai rata-rata post-test adalah 107,91 mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test yakni 92,20 yang berarti hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep GSM efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Hamong Putera Ngaglik. note: Pembimbing : Dr. Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gerakan sekolah menyenangkan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 45 (N=45), merupakan siswa kelas VII dan kelas VIII SMP Hamong Putera Ngaglik. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu skala kepercayaan diri yang diturunkan dari aspek-aspek Lauster (1992). Selanjutnya penerapan konsep GSM disusun dengan menggunakan empat prinsip perubahan yaitu 1) Learning Environment (Penciptaan Lingkungan Positif), 2) Character Development (Pengembangan Karakter), 3) Pedagogical Practice (Pembelajaran Penalaran dan Kesadaran Diri), 4) School Connectedness (Keterhubungan Sekolah). Hasil uji statistik dengan menggunakan teknik Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa n nilai p=0,000 lebih kecil daripada 0,05 (p<0,05) maka terdapat perbedaan yang signifikan anta skor pre-test dan post-test, nilai rata-rata post-test adalah 107,91 mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test yakni 92,20 yang berarti hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep GSM efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Hamong Putera Ngaglik. date: 2022-07-19 date_type: published pages: 198 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zannuba ‘Arifah Munawaroh, NIM.: 18107010056 (2022) EFEKTIVITAS GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP HAMONG PUTERA NGAGLIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53234/1/18107010056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53234/2/18107010056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf