eprintid: 53245 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/32/45 datestamp: 2022-09-20 04:38:24 lastmod: 2022-09-20 04:38:24 status_changed: 2022-09-20 04:38:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Aghisna Fikamalina, NIM.: 18102040096 title: KUALITAS PELAYANAN SISTEM BIMBINGAN IBADAH HAJI MANDIRI (SIMBAH MANDI) PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: man_haj divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Kualitas Pelayanan, Simbah Mandi, Seksi PHU note: Pembimbing: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M. Ag. abstract: Penyelenggaraan ibadah haji terutama dalam pelayanan memerlukan sistem kualitas pelayanan yang baik, agar semuanya terlaksana dengan baik, efektif dan efisien. Melihat kondisi Covid-19 yang marak pada tahun 2020/2021 banyak jemaah yang mendaftar serta membatalkan haji dengan berbagai alasan, hal tersebut setiap Kementerian Agama Kabupaten/kota meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, dengan memberikan inovasi pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat guna mencapai kepuasan masyarakat. Hal tersebut peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan sistem bimbingan ibadah haji mandiri (simbah mandi) pada seksi penyelenggaraan haji dan umrah Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu teori kualitas pelayanan menurut Parasuraman, Berry dan Zeithaml. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Yogyakarta memiliki kulitas pelayanan yang memuaskan, dimana layanan yang diterima oleh jemaah haji sesuai dengan yang diharapkan. Staff Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melayani jemaah haji sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kementerian Agama. Hal tersebut diuji dengan lima dimensi kualitas pelayanan menurut Parasuraman, Berry, dan Zeithaml yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan serta empati. Beberapa dimensi pada kualitas pelayanan yang ada di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) sudah berjalan dengan baik, namun dilain hal terdapat satu dimensi yaitu bukti fisik, perlu dimaksimalkan kembali bagunan fisiknya, dimana dibuatkan gedung yang terpisah dengan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta yang berupa Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) guna memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi jemaah. date: 2022-08-16 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aghisna Fikamalina, NIM.: 18102040096 (2022) KUALITAS PELAYANAN SISTEM BIMBINGAN IBADAH HAJI MANDIRI (SIMBAH MANDI) PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53245/1/18102040096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53245/2/18102040096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf