eprintid: 53276 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/32/76 datestamp: 2022-09-22 06:58:19 lastmod: 2022-09-22 06:58:19 status_changed: 2022-09-22 06:58:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Vajrinna Anggraini, NIM.: 18107030031 title: APLIKASI TIKTOK SEBAGAI STRATEGI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kualitatif pada Online Shop Levisya Fashion) ispublished: pub subjects: komunikasi divisions: jur_ikom full_text_status: restricted keywords: Promosi, Media Sosial, TikTok, note: Pembimbing : Niken Puspitasari, S.IP., M.A. abstract: Perkembangan media sosial salah satunya TikTok membuat banyak pengusaha bisnis online yang merambah menggunakan aplikasi ini. Selain TikTok bisa digunakan sebagai media hiburan dan menumbuhkan ajang kreatif sesorang tetapi, TikTok juga bisa digunakan sebagai media promosi baik promosi makanan maupun promosi bisnis seperti online shop. Penelitian ini difokuskan pada media sosial TikTok yang kini banyak digunakan oleh pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya, salah satunya online shop Levisya Fashion yang telah menggunakan TikTok sebagai media dalam mempromosikan produknya agar lebih dikenal luas oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penarikan data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu menggunakan narasumber ahli. Dalam proses pemanfaatan TikTok sebagai media promosi, fitur TikTok yang digunakan @levisya_fashion telah memenuhi kriteria yang terkandung dalam elemen bauran pemasaran. Sehingga penggunaan TikTok berdasarkan fitur Unggahan Video, Caption, Komentar, Hashtag, Like, FYP, Geotagging dan Live TikTok telah mendukung proses promosi dengan baik. Penelitian ini mengulas bagaimana TikTok digunakan sebagai strategi media promosi yang terkait dengan bentuk promosi sesuai dengan bauran promosi termasuk diantaranya periklanan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (seles promotion), hubungan masyarakat dan publisitas, serta pemasaran langsung pada akun @levisya_fashion. date: 2022-07-04 date_type: published pages: 106 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Vajrinna Anggraini, NIM.: 18107030031 (2022) APLIKASI TIKTOK SEBAGAI STRATEGI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kualitatif pada Online Shop Levisya Fashion). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53276/1/18107030031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53276/2/18107030031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf