@phdthesis{digilib53293, month = {June}, title = {HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN TAHFI{\d Z} AL-QUR?AN DENGAN PENGUASAAN MUFRAD{\=A}T BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALMAN AL-FARISI 2 JETIS TAHUN AJARAN 2021/2022}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104020086 Nimas Aulia}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd..}, keywords = {Hubungan, Kemampuan Tahfi{\d z} Al-Qur?an, Mufrad{\=a}t}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53293/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan tahfi{\d z} Al-Qur?an dengan penguasaan mufrad{\=a}t bahasa Arab siswa kelas V SDIT Salman Al-Farisi 2 Jetis tahun ajaran 2021/2022. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman dengan persyaratan uji normalitas data, uji linearitas, dan uji regresi untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh tahfi{\d z} Al-Qur?an terhadap penguasaan mufrad{\=a}t bahasa Arab siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran tahfi{\d z} Al-Qur?an menggunakan metode tahfi{\d z} Dzikruna. Nilai rata-rata siswa pada variabel tahfi{\d z} Al-Qur?an adalah 77,33, Sedangkan nilai rata-rata siswa pada variabel penguasaan Mufrad{\=a}t adalah 70,69. Hal ini berarti bahwa nilai rata-rata tahfi{\d z} Al Qur?an lebih besar dari nilai rata-rata penguasaan Mufrad{\=a}t. Dilihat dari hasil analisis korelasi rank spearman Diperoleh nilai Koefisien korelasi sebesar 0,759, Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat. Sedangkan jika dilihat dari hasil uji regresi diketahui besar nilai koefisien determinasi adalah 0,536. Hal ini berarti bahwa pengaruh Al-Qur?an terhadap penguasaan mufrad{\=a}t adalah sebesar 53,6\%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah hafalan Al-Qur'an siswa, maka semakin tinggi tingkat penguasaan mufrad{\=a}t yang dicapainya.} }