eprintid: 53293 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/32/93 datestamp: 2022-09-22 06:59:27 lastmod: 2022-09-22 06:59:27 status_changed: 2022-09-22 06:59:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Nimas Aulia, NIM.: 17104020086 title: HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN TAHFIẒ AL-QUR’AN DENGAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALMAN AL-FARISI 2 JETIS TAHUN AJARAN 2021/2022 ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Hubungan, Kemampuan Tahfiẓ Al-Qur’an, Mufradāt note: Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd.. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan tahfiẓ Al-Qur’an dengan penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa kelas V SDIT Salman Al-Farisi 2 Jetis tahun ajaran 2021/2022. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman dengan persyaratan uji normalitas data, uji linearitas, dan uji regresi untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh tahfiẓ Al-Qur’an terhadap penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an menggunakan metode tahfiẓ Dzikruna. Nilai rata-rata siswa pada variabel tahfiẓ Al-Qur’an adalah 77,33, Sedangkan nilai rata-rata siswa pada variabel penguasaan Mufradāt adalah 70,69. Hal ini berarti bahwa nilai rata-rata tahfiẓ Al Qur’an lebih besar dari nilai rata-rata penguasaan Mufradāt. Dilihat dari hasil analisis korelasi rank spearman Diperoleh nilai Koefisien korelasi sebesar 0,759, Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat. Sedangkan jika dilihat dari hasil uji regresi diketahui besar nilai koefisien determinasi adalah 0,536. Hal ini berarti bahwa pengaruh Al-Qur’an terhadap penguasaan mufradāt adalah sebesar 53,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah hafalan Al-Qur'an siswa, maka semakin tinggi tingkat penguasaan mufradāt yang dicapainya. date: 2022-06-17 date_type: published pages: 137 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nimas Aulia, NIM.: 17104020086 (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN TAHFIẒ AL-QUR’AN DENGAN PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALMAN AL-FARISI 2 JETIS TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53293/1/17104020086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53293/2/17104020086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf