%A NIM.: 17104080015 Shinta Melia Khorini’mah %O Pembimbing : Nisa Syuhda, S.S, M.Hum. %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER MATERI THINGS IN THE CLASSROOM UNTUK KELAS I SD/MI %X Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengembangan media pembelajaran Kvisoft Flipbook Maker Pelajaran Bahasa Inggris materi Things in the classroom untuk kelas I SD/MI dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Kvisoft Flipbook Maker Pelajaran Bahasa Inggris materi Things in the classroom untuk kelas I SD/MI melalui penilaian ahli media, ahli materi dan praktisi pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4D yaitu define (tahap definisi), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan). Penelitian ini terbatas sampai tahapan development. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan hasil penilaian melalui angket validasi penilaian ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan dan uji coba terbatas. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran Bahasa Inggris Kvisoft flipbook maker materi Things in the classroom untuk kelas I SD/MI menggunakan model pengembangan R&D 4D melalui tahapan define, design dan development. Produk yang dikembangkan telah mendapatkan penilaian kelayakan dari ahli media, ahli materi, praktisi Pendidikan melalui angket penilaian. Pengembangan media pembelajaran Bahasa Inggris Kvisoft flipbook maker materi Things in the classroom untuk kelas I SD/MI memiliki penilaian yang sangat layak dengan persentase kelayakan 94% dari ahli media, 93% dari ahli materi, 89% dari praktisi Pendidikan. Dengan demikian, media pembelajaran Bahasa Inggris Kvisoft flipbook maker materi Things in the classroom untuk kelas I SD/MI layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan di dalam kelas. %K Kvisoft flipbook maker, Pembelajaran bahasa Inggris, things. %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib53298