eprintid: 53302 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/33/02 datestamp: 2022-09-22 07:01:03 lastmod: 2022-09-22 07:01:03 status_changed: 2022-09-22 07:01:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Nurul Miftachur Rodiyah, NIM.: 17104090044 title: STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH DI ERA 4.0 MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Strategi Pemasaran, Pondok Pesantren, Blue Ocean Strategy, Era 4.0 note: Pembimbing : Dr. Subiyantoro, M.Ag abstract: Seiring berkembangnya zaman, keberadaan pondok pesantren semakin banyak. Banyak dan beraneka ragamnya pondok pesantren secara tidak langsung memunculkan iklim persaingan, baik antar pesantren maupun dengan lembaga pendidikan non pesantren. Selain itu citra buruk tentang pondok pesantren perlu diluruskan dengan informasi yang tepat. Maka perlu adanya pemasaran untuk mengimbangi persaingan yang ada sekaligus menjadi bentuk komunikasi pondok pesantren dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami strategi pemasaran Pondok Pesantren Nurul Ummah di era 4.0 ditinjau melalui pendekatan blue ocean strategy serta rintangan apa saja yang dihadapi. Manfaat penelitian ini untuk menambah wawasan dan informasi terkait strategi pemasaran dan pendekatan blue ocean strategy yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data melalui transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pemasaran Pondok Pesantren Nurul Ummah di era 4.0 yang ditinjau melalui blue ocean strategy yakni dengan menetapkan inovasi nilai. Inovasi nilai berupa Tim Admisi dimana tim ini sudah berorientasi pada pemanfaatan era 4.0. Langkah kedua, membuat kanvas strategi untuk mengetahui pasar yang dihadapi. Ketiga, membuat kerangka kerja empat langkah (hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan) untuk bahan implementasi. Keempat, membuat skema kerangka kerja empat langkah sebagai bahan analisis evaluasi (2) Rintangan yang dihadapi berupa rintangan kognitif, sumber daya, motivasi, dan politik. date: 2022-08-03 date_type: published pages: 220 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurul Miftachur Rodiyah, NIM.: 17104090044 (2022) STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH DI ERA 4.0 MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53302/1/17104090044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53302/2/17104090044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf