relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53351/ title: ADAPTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PASCA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA creator: Taufiq Ridwanullah, S.Sos, NIM.: 18200010011 subject: Bimbingan dan Konseling Islam subject: Covid-19 description: Pandemi covid-19 memiliki dampak dan perubahan yang sangat luar biasa, termasuk sektor pendidikan. Dampak yang timbul akibat pandemi covid-19 dalam sektor pendidikan yakni berubahnya pola pembelajaran. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah dan guru untuk mendesain bagaimana cara pembelajaran daring dapat terlaksana dengan lancar. Perlunya penguasaan kompetensi pada proses pembelajaran tersebut sehingga dapat tercapai fungsi dan tujuan pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat dan tuntunan keadaan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemudian mendeskripsikan proses adaptasi layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dan siswa di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam analisis yakni teori dari Schneiders yang mengacu pada aspek-aspek adaptasi dan unsur dalam adaptasi untuk mengklasifikasikan proses adaptasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif fenomenologis, untuk menghasilkan data deskriptif berkaitan dengan pemaknaan terhadap suatu fenomena yang didapatkan melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru bimbingan dan konseling dan 7 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik analisis data dengan menggunakan 4 tahap yakni tahap: awal, Horizonalization, Cluster of Meaning dan Deskripsi Esensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adaptasi layanan bimbingan dan konseling pasca pandemi pada siswa meliputi Adaptation, Conformity, Mastery, Individual Variation, Adaptation, Adaptation, Mastery. Kategori ini membuktikan bahwa siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mampu beradaptasi dengan baik meskipun banyaknya perubahan pasca terjadinya covid-19. Layanan bimbingan dan konseling pasca pandemi ini sudah terlaksana dengan baik namun dibutuhkan peran guru bimbingan dan konseling untuk menghadapi perubahan karakter, sikap dan kebiasaan pada siswa di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sehingga dapat menjadikan para siswa mampu beradaptasi dengan keadaan, dan lingkungan sekolah berdasarkan kemampuan yang dimiliki serta dapat mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan norma-norma yang berlaku. date: 2022-08-15 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53351/1/18200010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53351/2/18200010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Taufiq Ridwanullah, S.Sos, NIM.: 18200010011 (2022) ADAPTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PASCA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.