relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53352/ title: HUBUNGAN KONTEKS SOSIAL DAN PERKEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL DENGAN PEMBELAJARAN SISWA SMK PADA MASA PANDEMI, MASA TRANSISI, DAN MASA ADAPTASI BARU creator: Alfi Nur Hidayati, NIM.: 18200010015 subject: Psikologi Pendidikan Islam description: Pembelajaran dinilai sangat penting bagi seseorang, termasuk pada usia remaja yang sedang mengalami perubahan biologis, kognitif, dan sosioemosional. Pembelajaran pada usia remaja ini dipengaruhi oleh banyak aspek, salah satunya adalah perkembangan sosioemosional dan konteks sosial. Namun, pandemi telah merubah sendi-sendi kehidupan, termasuk dalam aspek pendidikan. Porsi perkembangan sosioemosional dan konteks sosial juga ikut berubah dalam pembelajaran masa pandemi menuju normal baru. Penelitian ini akan membahas mengenai hubungan perkembangan sosioemosional dan konteks sosial dengan pembelajaran siswa SMK pada masa pandemi, masa transisi, dan masa adaptasi baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling dengan melibatkan 117 reponden siswa SMK N 1 Godean sebagai sampel penelitian. Rancangan survey digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Adapun teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan uji analisis regresi dan uji korelasi menggunakan perangkat IBM SPSS Statistic 20. Hasil penelititan menunjukkan bahwa, pertama, tidak ada hubungan antara konteks sosial dan pembelajaran masa pandemi, dikarenakan aspek teman sebaya dan sekolah pada konteks sosial tidak berfungsi semestinya dan rendahnya intimasi komunikasi siswa-guru dan siswa-teman. Kedua, tidak ada hubungan antara konteks sosial dan pembelajaran masa transisi, dikarenakan rendahnya intimasi komunikasi dan absennya kehadiran teman sebaya dan sekolah pada konteks sosial yang berperan pada siswa SMK. Ketiga, ada hubungan yang positif antara konteks sosial dan pembelajaran masa adaptasi baru. Intimasi komunikasi yang sempat hilang antara siswa-guru dan siswa-teman sebaya meningkat ketika PTM. Peran aspek sekolah dan teman sebaya sebagai konteks sosial juga kembali berjalan ketika PTM dilaksanakan. Total kontribusi konteks sosial terhadap pembelajaran masa adaptasi baru adalah 27,2%. Keempat, tidak terdapat korelasi antara perkembangan sosioemosional dan pembelajaran masa pandemi. Rendahnya intimasi komunikasi antara siswa-teman sebaya dan siswa-guru menjadikan kurang terdukungnya perkembangan identitas, perkembangan moral, harga diri, dan coping stress pada siswa SMK ketika melakukan PJJ. Kelima, adanya korelasi positif antara perkembangan sosioemosional dan pembelajaran masa transisi. Intimasi komunikasi sedikit meningkat dan mendukung aspek-aspek dalam perkembangan sosioemosional terbentuk, seperti perkembangan identitas, perkembangan moral, harga diri, dan coping stress pada siswa SMK ketika PTMT dilaksanakan. Total kontribusi perkembangan sosioemosional terhadap pembelajaran masa transisi adalah 6,7%. Keenam, terdapat korelasi positif antara perkembangan sosioemosional dan pembelajaran masa adaptasi baru. Intimasi komunikasi antara siswa-teman sebaya dan siswa-guru meningkat dan mendukung aspek-aspek dalam perkembangan sosioemosional terbentuk, seperti perkembangan identitas, perkembangan moral, harga diri, dan coping stress pada siswa SMK ketika PTM dilaksanakan Total kontribusi pekembangan sosioemosional terhadap pembelajaran masa adaptasi baru adalah 22,5%. date: 2022-07-25 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53352/1/18200010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53352/2/18200010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Alfi Nur Hidayati, NIM.: 18200010015 (2022) HUBUNGAN KONTEKS SOSIAL DAN PERKEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL DENGAN PEMBELAJARAN SISWA SMK PADA MASA PANDEMI, MASA TRANSISI, DAN MASA ADAPTASI BARU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.