TY  - THES
N1  - Pembimbing : Nur Munajat M.Si.
ID  - digilib53358
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53358/
A1  - Ulfah  Ayu Khasanah, NIM.: 18104010063
Y1  - 2022/08/25/
N2  - Latar belakang masalah ini adalah guru seharusnya dituntut untuk profesional mulai dari mengenali karakteristik peserta didik, merancang rencana pembelajaran, mengimplementasikan rencana dalam proses pembelajaran, mengevaluasi proses, hasil belajar dan mengembangkan potensi peserta didik. Banyak upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, pada masa pembelajaraan tatap muka di era new normal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui kondisi kompetensi guru, 2) mengetahui problem yang dihadapi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada pembelajaran tatap muka di era new normal, 3) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Dalam teknis analisis data, peneliti melakukan pengumpulan data, mereduksi data,menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru mata pelajaran akidah akhlak di SD Muhammadiyah Condongcatur belum Cukup
ix
memuaskan dalam menguasai karakteristik peserta didik dengan baik. Terbukti dari beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan peserta didik, terkadang guru masih ada yang menyalahkan peserta didik. Rencana pelaksanaan pembelajaraan hanya dibuat saat diminta oleh kepala sekolah. Dalam mengelola proses pembelajaran di kelas sudah menunjukkan kompetensi profesional, namun untuk kompetensi pedagogik, guru akidah akhlak masih perlu ditingkatkan. Seperti pemilihan metode saat mengajar, penguasaan media pembelajaraan, dan kemampuan menerapkan strategi pembelajaraan belum maksimal. Pada evaluasi pembelajaran sudah cukup terlihat, sistem penilaian yang dilakukan guru akidah akhlak yaitu diadakan remidi bagi yang belum mencapai KKM. Upaya yang sudah dilakukan oleh guru akidah akhlak yaitu dengan mengikuti KKG, diklat, seminar, seminar dan menambah wawasan lewat buku pengembangan profesi guru.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Upaya
KW  -  Kompetensi Pedagogik
KW  -  New Normal
M1  - skripsi
TI  - UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN
AV  - restricted
EP  - 148
ER  -