eprintid: 5336 rev_number: 26 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/53/36 datestamp: 2013-07-25 10:47:52 lastmod: 2017-01-17 07:22:29 status_changed: 2012-05-04 16:47:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PUJI UTOMO - NIM. 06410069 , title: MANUSIA UNGGUL MENURUT FRIEDRICH NIETZSCHE (Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam) ispublished: pub subjects: P divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Manusia unggul , Friedrich Nietzsche note: Pembimbing: Drs. Usman, SS., M.Ag. abstract: ABSTRAK Manusia dalam pendidikan menempati posisi sentral, dimana manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek dalam pendidikan. Perkembangan filsafat dan ilmu pengetahuan dari zaman modern membawa dampak negatif terhadap pemahaman kemanusiaan. Dampak tersebut masih mendominasi kehidupan sekarang termasuk didalam pendidikan Islam, dimana pendidikan Islam sekarang lebih bercorak materialistik-sekuleristik. Pendidikan Islam yang bercorak materialistik-sekuleristik cenderung mereduksi manusia, karena manusia di pahami sebagai materi mekanistik an sich. Hal ini terlihat dari orientasi yang sempit dari pendidikan Islam, yaitu untuk pemenuhan kebutuhan manusia yang didikte oleh sistem ide yang berkembang dan mendominasi kehidupan sekarang. Friedrich Nietzsche melalui konsepsinya tentang manusia unggul, berusaha mengangkat manusia pada tingkat tertinggi kemanusiaannya. Usaha untuk memahami manusia dalam pendidikan Islam masuk dalam lingkup kajian filsafat pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ide manusia unggul menurut Friedrich Nietzsche dalam tinjauan filsafat pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis-faktual, yakni mengambil satu tema dari tokoh kemudian dikaji dengan analisis filosofis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis), yakni investigasi tekstual melalui analisis ilmiah terhadap inti pesan suatu komunikasi, khususnya yang terkait dengan substansi yang terdapat dalam data. Penyimpulan hasil penelitian melalui interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan 1). Manusia Unggul adalah penegasan terhadap keotonomian penuh manusia dan penguasaan penuh terhadap diri sendiri. 2). Manusia unggul menurut Friedrich Nietzsche bersifat otonom-indeterminan, sedangkan manusia menurut Filsafat Pendidikan Islam bersifat otonom-dependen yakni bergantung kepada Allah, sehingga manusia menurut Filsafat Pendidikan Islam membutuhkan pendidikan sebagai sarana pembinaan dalam mencapai kepribadian manusia Islam yang berwatak khalifah fi al-ardh. 3). Keunggulan manusia yang disertai dengan keimanan kepada Allah sebagai pencipta menumbuhkan kehendak kreatif. 4). Manusia yang cakap, kreatif dan mandiri, serta tidak bergantung selain kepada Allah, sesungguhnya merupakan bagian dari tujuan pendidikan Islam dalam rangka menghantarkan manusia mencapai kebahagiaan di dunia. div date: 2011-01-20 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-01-20 13:51:33 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--pujiutomon-5116-1-pujiuto-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/103/digilib-uinsuka--pujiutomon-5116-1-pujiuto-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=5690 ; nama file lama : PUJI UTOMO NIM. 06410069 - MANUSIA UNGGUL MENURUT FRIEDRICH NIETZSCHE (Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1019336 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-01-20 13:51:33 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--pujiutomon-5116-1-pujiuto-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/103/digilib-uinsuka--pujiutomon-5116-1-pujiuto-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=5690 ; nama file lama : PUJI UTOMO NIM. 06410069 - MANUSIA UNGGUL MENURUT FRIEDRICH NIETZSCHE (Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1019336 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: PUJI UTOMO - NIM. 06410069 , (2011) MANUSIA UNGGUL MENURUT FRIEDRICH NIETZSCHE (Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5336/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5336/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf