eprintid: 53361 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/33/61 datestamp: 2022-09-22 08:31:20 lastmod: 2022-09-22 08:31:20 status_changed: 2022-09-22 08:31:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Izza Zakiyyah, NIM.: 18104010085 title: HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS V SEMESTER II MIN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar Siswa. note: Pembimbing : Drs. H. Radino, M.Ag. abstract: Peneliti memilih mata pelajaran Fiqih dalam penelitian ini, karena Fiqih merupakan materi dasar siswa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali siswa tidak menyadari pentingnya materi ini. Motivasi belajar siswa kelas V di MIN 3 Bantul pada mata pelajaran Fiqih kurang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pemberian penguatan (reinforcement). Pemberian penguatan yang diberikan oleh guru cenderung pada pemberian penguatan verbal saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguat yang diberikan mata pelajaran fiqih, motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih, dan hubungan pemberian penguatan dengan motivasi belajar fiqih siswa kelas V MIN 3 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pengolahan data pada penelitian ini ada tiga tahap, yaitu editing, coding, dan tablating. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probabilty sampling dengan jenis total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan analisis korelasi prodact moment. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Penguatan yang diberikan pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIN 3 Bantul sebagian besar dalam kategori cukup. 2) Motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas V MIN 3 Bantul seluruhnya dalam kategori tinggi. 3) Ada hubungan pemberian penguatan dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIN 3 Bantul dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dengan kontribusi sebesar 46,1%. date: 2022 date_type: published pages: 139 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Izza Zakiyyah, NIM.: 18104010085 (2022) HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS V SEMESTER II MIN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53361/1/18104010085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53361/2/18104010085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf