%A NIM.: 18104020030 Hafidzotun Nafi'ah %O Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag. %T PENGARUH SELF AWARENESS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE TAHUN AJARAN 2021/2022 %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran diri dan kepedulian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh self awareness terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabitilas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi yang diolah menggunakan software SPSS versi 22.0. Hasil uji validitas kuisioner self awareness yang terdiri dari 26 item soal menyatakan bahwa 6 item soal tidak valid, sedangkan 20 item soal lainnya valid. Hasil uji reliabilitas pada variabel self awareness sebesar 0,865 yang menyatakan bahwa variabel dinyatakan reliabel dengan kategori sangat tinggi dan layak digunakan sebagai instrumen alat ukur penelitian. Hasil uji normalitas adalah signifikansi sebesar 0,207 dan 0,096 > 0,05 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal.. Hasil signifikansi linearity sebesar 0,00 < 0,05 maka kedua data saling berhubungan secara linear. Nilai signifikansi uji regresi linear sederhana sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh antara self awareness terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Hasil uji koefisien determinasi adalah nilai R Square sebesar 0,362. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengaruh self awareness terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah sebesar 36,2%. Adapun sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini %K Self awareness, Prestasi Belajar %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib53371