relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53387/
title: KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA PADA KELOMPOK (B) RA MASYITOH KARANGANOM BANTUL YOGYAKARTA
creator: Nurul Hasanah, NIM.:  18104030059
subject: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
description: RA Masyitoh Karanganom merupakan pendidikan anak usia dini yang  memiliki program tahfi>dz} sebagai program unggulan, yang mana ada empat orang  anak pada kelompok (B) yang telah menyelesaikan hafalan Juz‟Amma kurang  lebih dalam satu semester. Sungguh prestasi yang patut dibanggakan di usia yang  masih dini seperti itu mereka mampu menyelesaikan hafalan Juz‟Amma seseuai  dengan target yang dibuat oleh sekolah. Adapun dibalik keberhasilan anak dalam  menyelesaikan hafalan Juz‟Amma tersebut terdapat kerjasama yang dilakukan  oleh guru dan orang tua, sehingga mampu mencetak generasi Qur‟ani sejak dini.  Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif desktiptif dengan  subyek penelitian kepala sekolah, guru yang berkaitan dan orangtua anak didik.  Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua  data di kumpulkan dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan  penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi.  Hasil penelitian menyebutkan bahwasanya bentuk kerjasama yang  dilakukan guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan anak adalah dengan  saling menerapkan metode talqi>n untuk menambah hafalan anak, kemudian  melakukan kegiatan muraja‟ah agar hafalan anak tetap terjaga dan selalu ingat,  selanjutnya guru an orang tua melakukan laporan secara berkala dengan  mengirimkan bukti kegiatan anak di sekolah saat setoran serta hasil pencapaian  yang didapatkan anak setiap harinya, sebaliknya orang tua juga mengirimkan  bukti kegiatan anak di rumah saat muraja‟ah. Adapun faktor penghambanya  karena kurangnya persiapan hafalan anak di rumah, mood anak yang tidak stabil  dan fokus anak yang tidak terkendalikan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah  adanya fasilitas pendukung dari sekolah, latar belakang orang tua yang sudah  khatam 30 Juz menjadikan semangat yang tinggi bagi anak untuk menghafal  Juz‟Amma.
date: 2022-07-28
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53387/1/18104030059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53387/2/18104030059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Nurul Hasanah, NIM.: 18104030059  (2022) KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA PADA KELOMPOK (B) RA MASYITOH KARANGANOM BANTUL YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.