%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurul Hasanah, NIM.: 18104030059 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:53387 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kerjasama Guru dan Orang tua, Menghafal Juz‟Amma %P 118 %T KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA PADA KELOMPOK (B) RA MASYITOH KARANGANOM BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53387/ %X RA Masyitoh Karanganom merupakan pendidikan anak usia dini yang memiliki program tahfi>dz} sebagai program unggulan, yang mana ada empat orang anak pada kelompok (B) yang telah menyelesaikan hafalan Juz‟Amma kurang lebih dalam satu semester. Sungguh prestasi yang patut dibanggakan di usia yang masih dini seperti itu mereka mampu menyelesaikan hafalan Juz‟Amma seseuai dengan target yang dibuat oleh sekolah. Adapun dibalik keberhasilan anak dalam menyelesaikan hafalan Juz‟Amma tersebut terdapat kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orang tua, sehingga mampu mencetak generasi Qur‟ani sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif desktiptif dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru yang berkaitan dan orangtua anak didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data di kumpulkan dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwasanya bentuk kerjasama yang dilakukan guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan anak adalah dengan saling menerapkan metode talqi>n untuk menambah hafalan anak, kemudian melakukan kegiatan muraja‟ah agar hafalan anak tetap terjaga dan selalu ingat, selanjutnya guru an orang tua melakukan laporan secara berkala dengan mengirimkan bukti kegiatan anak di sekolah saat setoran serta hasil pencapaian yang didapatkan anak setiap harinya, sebaliknya orang tua juga mengirimkan bukti kegiatan anak di rumah saat muraja‟ah. Adapun faktor penghambanya karena kurangnya persiapan hafalan anak di rumah, mood anak yang tidak stabil dan fokus anak yang tidak terkendalikan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya fasilitas pendukung dari sekolah, latar belakang orang tua yang sudah khatam 30 Juz menjadikan semangat yang tinggi bagi anak untuk menghafal Juz‟Amma. %Z Pembimbing : H. Suismanto