eprintid: 53387
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 12241
dir: disk0/00/05/33/87
datestamp: 2022-09-23 07:00:35
lastmod: 2022-09-23 07:00:35
status_changed: 2022-09-23 07:00:35
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: sophanshofwan@gmail.com
creators_name: Nurul Hasanah, NIM.:  18104030059
title: KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA PADA KELOMPOK (B) RA MASYITOH KARANGANOM BANTUL YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: s_piaud
divisions: pa_uds1
full_text_status: restricted
keywords: Kerjasama Guru dan Orang tua, Menghafal Juz‟Amma
note: Pembimbing : H. Suismanto
abstract: RA Masyitoh Karanganom merupakan pendidikan anak usia dini yang
memiliki program tahfi>dz} sebagai program unggulan, yang mana ada empat orang
anak pada kelompok (B) yang telah menyelesaikan hafalan Juz‟Amma kurang
lebih dalam satu semester. Sungguh prestasi yang patut dibanggakan di usia yang
masih dini seperti itu mereka mampu menyelesaikan hafalan Juz‟Amma seseuai
dengan target yang dibuat oleh sekolah. Adapun dibalik keberhasilan anak dalam
menyelesaikan hafalan Juz‟Amma tersebut terdapat kerjasama yang dilakukan
oleh guru dan orang tua, sehingga mampu mencetak generasi Qur‟ani sejak dini.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif desktiptif dengan
subyek penelitian kepala sekolah, guru yang berkaitan dan orangtua anak didik.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua
data di kumpulkan dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menyebutkan bahwasanya bentuk kerjasama yang
dilakukan guru dan orang tua dalam meningkatkan hafalan anak adalah dengan
saling menerapkan metode talqi>n untuk menambah hafalan anak, kemudian
melakukan kegiatan muraja‟ah agar hafalan anak tetap terjaga dan selalu ingat,
selanjutnya guru an orang tua melakukan laporan secara berkala dengan
mengirimkan bukti kegiatan anak di sekolah saat setoran serta hasil pencapaian
yang didapatkan anak setiap harinya, sebaliknya orang tua juga mengirimkan
bukti kegiatan anak di rumah saat muraja‟ah. Adapun faktor penghambanya
karena kurangnya persiapan hafalan anak di rumah, mood anak yang tidak stabil
dan fokus anak yang tidak terkendalikan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah
adanya fasilitas pendukung dari sekolah, latar belakang orang tua yang sudah
khatam 30 Juz menjadikan semangat yang tinggi bagi anak untuk menghafal
Juz‟Amma.
date: 2022-07-28
date_type: published
pages: 118
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Nurul Hasanah, NIM.: 18104030059  (2022) KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA PADA KELOMPOK (B) RA MASYITOH KARANGANOM BANTUL YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53387/1/18104030059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53387/2/18104030059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf