%0 Thesis %9 Skripsi %A Fitra Fatonah, NIM.: 18104030075 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:53390 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penerapan, Media Pohon Bilangan, Konsep Bilangan %P 174 %T PENERAPAN MEDIA POHON BILANGAN UNTUK MENGENALKAN KONSEP BILANGAN DI RA MASYITHOH BANYUURIP, BANTUL, YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53390/ %X Mengenal konsep bilangan merupakan bagian darisperkembanganskognitif anak. Pengenalankkonsep bilangan perlu dikenalkan sejak dini guna membentuk pengetahuan dan kemampuan dasar bagi anak. Media pohon bilangan menjadissalah satummedia guna mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan melibatkan anak secara langsung dalan belajar mengenal konsep bilangan dengan benda konkret. Tujuanddarippenelitianiini adalah guna mengetahui dan memaparkan penerapan media pohon bilangan untuk mengenalkan konsep bilangan di RA Masyithoh Banyuurip. Penelitian inimmerupakan penelitiankkualitatif dengan pengumpulanddata melalui metodewwawancara, observasi,ddan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan pada penerapan media pohon bilangan untuk mengenalkan konsep bilangan yaitu tahappperencanaan,ppelaksanaan, serta evaluasi dan penilaian. Dalam tahap pelaksanaan, guru mengaitkan topik pembelajaran dengan konsep bilangan dengan metode bernyanyi, bercerita, melibatkan kemampuan indera peraba, tantangan berkelompok, tanya jawab, dan bermain kantong bilangan dengan media pohon bilangan. Faktor pendukung kegiatan tersebut adalah kecakapan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran, minat belajar pesertaddidik yang baik, efektivitas penggunaan media pohon bilangan, dan juga dukungan dari orangtua peserta didik. Adapun faktor penghambatnya yaitu terdapat bagian pada media pohon bilangan yang mudah rusak, kesiapan belajar sebagian anak yang masih kurang, dan sempitnya ruang kelas. %Z Pembimbing : Dr. Hibana, S.Ag.,M.Pd.