@phdthesis{digilib53392, month = {August}, title = {PENGARUH MOTIVASI DAN KESULITAN BELAJAR DARING ANAK USIA SD TERHADAP MINAT BIMBINGAN BELAJAR DARING}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104080008 Amalia Oktaviana}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.}, keywords = {Belajar Daring, Bimbingan Belajar, Motivasi, Kesulitan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53392/}, abstract = {Dewasa ini, banyak siswa berminat mengikuti program bimbingan belajar. Munculnya minat siswa dapat dipicu oleh beberapa faktor. Berdasarkan hasil wawancara dengan dua siswa di Belajar\_Ind, dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang membuat keduanya berminat mengikuti bimbingan belajar adalah adanya hambatan yang dialami selama pembelajaran daring di sekolah dilakukan. Hambatan tersebut dapat berupa kurangnya motivasi dalam belajar serta kesulitan-kesulitan yang mengiringi aktivitas belajarnya. Informasi berbeda ditemui ketika melakukan wawancara dengan dua siswa yang lain. Keduanya sepakat bahwa mereka berminat mengikuti bimbingan belajar daring karena ingin menambah pemahaman terkait materi pelajaran yang telah diajarkan di sekolah dan mengaku bahwa selama pembelajaran daring berlangsung, mereka tidak menjumpai kendala dan kesulitan yang berarti yang menghalangi mereka untuk belajar. Permasalahan yang ingin dikaji pada penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar daring anak usia SD terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar\_Ind? (2) apakah terdapat pengaruh kesulitan belajar daring anak usia SD terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar\_Ind? dan (3) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar daring dan kesulitan belajar daring anak usia SD secara bersama-sama terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar\_Ind? Tujuan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar daring anak usia SD terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar\_Ind, (2) untuk mengetahui pengaruh kesulitan belajar anak usia SD terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar\_Ind, dan (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar daring dan kesulitan belajar daring anak usia SD secara bersama-sama terhadap minat mengikuti bimbingan belajar daring di Belajar\_Ind. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanasi, sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan model skala sikap yang diberikan kepada sampel 30 siswa yang mengikuti bimbingan Belajar\_Ind. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: motivasi belajar daring, kesulitan belajar daring, dan minat bimbingan belajar daring di Belajar\_Ind. Teknik analisis data yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan uji hipotesis terdiri atas uji koefisien deteminasi (} }