eprintid: 53396
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 12241
dir: disk0/00/05/33/96
datestamp: 2022-09-23 08:35:37
lastmod: 2022-09-23 08:35:37
status_changed: 2022-09-23 08:35:37
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: sophanshofwan@gmail.com
creators_name: Lailatul Amaliya, NIM.: 18104080021
title: IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN
PADA PESERTA DIDIK KELAS 2A DI SD NEGERI NOGOPURO
ispublished: pub
subjects: pg_mi
divisions: pgmi
full_text_status: restricted
keywords: Kesulitan, Membaca, Permulaan
note: Pembimbing : Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
abstract: Penelitian diambil karena sekarang ini masih banyak anak usia sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam membaca terutama pada anak yang duduk di kelas rendah yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Pada saat observasi dan wawancara peneliti mendapatkan ada beberapa peserta didik di kelas 2A SD Negeri Nogopuro yang mengalami kesulitan membaca. Dari masalah tersebut peneliti tertarik melakukan identifikasi kesulitan membaca yang dialami peserta didik kelas 2A di SD Negeri Nogopuro. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesulitan membaca permulaan yang dialami peserta didik kelas 2A di SD Negeri Nogopuro.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa jenis kesulitan membaca yang dialami peserta didik kelas 2A di SD Negeri Nogopuro yaitu lambat dan terbata bata dalam membaca, mengeja huruf satu per satu pada saat membaca, melakukan pengulangan suku kata atau kata, tidak memperhatikan dan menggunakan tanda baca, salah dalam menempatkan pemenggalan kata, intonasi tidak sesuai, menghilangkan huruf konsonan di belakang, dan tidak memahami bacaan yang telah dibaca.
date: 2022-08-04
date_type: published
pages: 120
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Lailatul Amaliya, NIM.: 18104080021  (2022) IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 2A DI SD NEGERI NOGOPURO.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53396/1/18104080021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53396/2/18104080021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf