TY - THES N1 - Pembimbing : Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd. ID - digilib53399 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53399/ A1 - Rahimatul Fitria, NIM.: 18104080028 Y1 - 2022/08/01/ N2 - Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana deskripsi minat belajar peserta didik di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Prenggan Kotagede Yogyakarta, (2) apa saja faktor yang menyebabkan rendahnya minat peserta didik di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Prenggan Kotagede Yogyakarta, (3) apa saja faktor yang menyebabkan tingginya minat belajar peserta didik di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Prenggan Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi lapangan, catatan lapangan hasil wawancara, dan dokumen-dokumen pendukung, dengan triangulasi sumber sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Objek penelitian ini adalah deskripsi minat belajar peserta didik di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Prenggan Kotagede Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan tringulasi teknik, dan sumber. Hasil penelitian dari deskripsi minat belajar peserta didik di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Prenggan Kotagede Yogyakarta adalah: Faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik yaitu (1) Rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, (2) Materi yang sama di ulang lagi, (3) Situasi proses pembelajaran di kelas. Faktor yang menyebabkan tingginya minat belajar peserta didik yaitu (1) Belajar mengajar menggunakan metode aplikasi kreatif, (2) Belajar mengajar di luar kelas, (3) Mengadakan kuis saat proses belajar mengajar PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Minat belajar KW - peserta didik M1 - skripsi TI - DESKRIPSI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS III B MI NURUL UMMAH PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA AV - restricted EP - 126 ER -