TY - THES N1 - Pembimbing : H. M. Saidul Muzzaki, M.Pd ID - digilib53400 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53400/ A1 - Siwi Damayanti, NIM..18104080031 Y1 - 2022/08/25/ N2 - Merebaknya game online Mobile Legend di kalangan siswa membuat siswa kehilangan minat belajar. Game online Mobile Legend menjadi salah satu faktor yang menyebabkan minat belajar siswa turun . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan game online Mobile Legend dan minat belajar siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta serta mengetahui pengaruh game online Mobile Legend terhadap minat belajar siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Korelatif dengan menggunakan kuisioner sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 68 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh dimana populasi adalah sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penggunaan game online Mobile Legend siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta tergolong sering dengan hasil prosentase 71,4 %. Tingkat minat belajar siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta tergolong kurang baik dengan hasil prosentase 49,7%. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh game online Mobile Legend terhadap minat belajar siswa kelas V MIN 2 Bantul Yogyakarta ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi linier sederhana Y = 24,332 ? 0,193X yang berarti bahwa nilai konsistensi variabel minat belajar sebesar 24,332 koefisien regresi X sebesar -0,193 yang mana penambahan 1% nilai penggunaan game online Mobile Legend maka minat belajar akan turun sebesar -0,193. Koefisien tersebut bernilai negatif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh penggunaan (Variabel X) game online Mobile Legend terhadap minat belajar (Variabel Y) adalah berbanding terbalik atau negatif. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan sig. 0,00 dimana nilai sig. < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat diambil kesimpulan bahwa game online Mobile Legend berpengaruh terhadap minat belajar PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Game online Mobile Legend KW - Minat Belajar M1 - skripsi TI - PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 115 ER -