eprintid: 53405 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/34/05 datestamp: 2022-09-23 09:23:33 lastmod: 2022-09-23 09:23:33 status_changed: 2022-09-23 09:23:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Sassa Nur Avindasari, NIM.: 18104090013 title: PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI ASESMEN NASIONAL DI SMP N 1 DONOROJO PACITAN ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Peran, Kepala sekolah, Implementasi, Asesmen Nasional note: Pembimbing : Irwanto, M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan baru yang dikeluarkan kemendikbud terkait program Asesmen Nasional. Asesmen Nasional dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan jenjang dasar dan menengah untuk perbaikan mutu pendidikan, sehingga kepala sekolah sebagai top leader memiliki peran penting dalam penyelenggarakan Asesmen Nasional yang dilakukan secara semi daring. Kepala sekolah merupakan pemimpin yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan program pendidikan, harus melaksanakan tugasnya sesuai prosedur yang berlaku agar tujuan pendidikan dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi Asesmen Nasional, 2) strategi kepala sekolah dalam implementasi Asesmen Nasional, dan 3) bagaimana peran kepala sekolah dalam implementasi Asesmen Nasional di SMP N 1 Donorojo Pacitan. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan informan kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode dalam mencapai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah SMPN 1 Donorojo telah melaksanakan program kebijakan berupa Asesmen Nasional sesuai dengan prosedur yang ada dalam Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 030/H/PG.00/2021. Adapun implementasi yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi, mempersiapkan infrastruktur, melakukan verifikasi data peserta didik yang dipilih secara random, melaksanakan simulasi ANBK, hingga pelaksanaan ANBK yang hasilnya berupa rapor pendidikan. (2) Strategi kepala sekolah dalam implementasi Asesmen Nasional di SMP N 1 Donorojo adalah pengadaan modul AKM (Literasi dan Numerasi) yang bekerjasama dengan Penerbit Buku Intan Pariwara dan melakukan bimbingan pembelajaran yang berkaitan dengan literasi dan numerasi. (3) Peran kepala sekolah dalam implementasi program Asesmen Nasional dengan menerapkan peran sebagai edukator, manajer, leader, supervisor, inovator, dan motivator. date: 2022-07-13 date_type: published pages: 186 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sassa Nur Avindasari, NIM.: 18104090013 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI ASESMEN NASIONAL DI SMP N 1 DONOROJO PACITAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53405/1/18104090013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53405/2/18104090013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf