%A NIM.: 18200010077 Muslikhul Ibad %O Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. %T MODEL PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP ANAK YANG MENGALAMI PENURUNAN MOTIVASI BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MTs NEGERI 4 SLEMAN %X Berdasarkan latar belakang masalah yang ada, pada masa pandemi covid 19 pembelajaran daring dilakukan sebagai solusi dalam sistem akademik, namun hal tersebut membuat sebagian siswa mengalami perasaaan jenuh dan prokrastinasi akademik terhadap kegiatan belajar daring. Karena selama pembelajaran dilaksanakan secara online komunikasi antara siswa dan guru menjadi terhambat sehingga keaktifan siswa yang dirasa kurang maksimal dan motivasi belajar siswa mengalami penurunan. Di samping itu, peran orang tua dalam pendampingan belajar siswa selama pembelajaran daring di rumah sangat mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian ini adalah orang tua siswa MTs Negeri 4 Sleman dengan latar belakang anak yang mengalami penurunan motivasi belajar di masa pembelajaran daring. Hal tersebut dapat memudahkan penelitian ini untuk mencari model pendampingan orang tua yang digunakan dalam mengatasi penurunan motivasi belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model Pendampingan yang digunakan dalam pendampingan belajar yaitu pertama, Permisif, subjek membiarkan anak untuk belajar sendiri tanpa adanya kontrol dari orang tua secara langsung tetapi dalam situasi tertentu subjek cenderung bersifat otoriter atau otoritatif. Kedua Otoriter, orang tua memberlakukan waktu belajar sesuai dengan otoritas orang tua. Ketiga Otoritatif, orang tua membantu anak ketika menemukan kesulitan, tidak menuntut anak harus berprestasi, merespons hasil belajar anak dengan bijak, membangun motivasi belajar anak, dan memahami kelebihan dan kekurangan anak selama pembelajaran daring. 2) Bentuk-bentuk pendampingan orang tua bagi siswa di MTs Negeri 4 Sleman yakni dengan mengatur waktu belajar, mengawasi kegiatan belajar, dan menyediakan fasilitas belajar. Dan 3) Upaya orang tua mengatasi permasalahan dalam pendampingan belajar di rumah. Mengutamakan waktu pendampingan belajar anak dibanding pekerjaan rumah, mengawasi proses belajar dengan memperhatikan tugas yang diberikan, mengkondisikan suasana dan tempat belajar yang nyaman, memberikan fasilitas belajar dan orang tua lebih update. %K Model Pendampingan Orang Tua, Motivasi Belajar, Pandemi covid-19 %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib53411