@phdthesis{digilib53435, month = {June}, title = {PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR?AN TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA TAHFIDZ KELAS VIII SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18106000023 Hanin Nur Laili}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Burhanuddin Latif, M.Si.,}, keywords = {Menghafal Al-Qur?an, Kecerdasan Logis Matematis, Siswa Tahfidz}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53435/}, abstract = {Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Ali Maksum pada siswa tahfidz kelas VIII tahun ajaran 2021/ 2022. Sampel yang digunakan sebanyak 13 siswa dengan teknik sampling yang digunakan total sampling atau sampel jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket untuk data menghafal Al-Qur?an dan soal untuk data kecerdasan logis matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang terdiri dari uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan: 1) Dari 13 siswa tahfidz, 5 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur?an tinggi, 5 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur?an sedang, dan 3 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur?an rendah; 2) Dari 13 siswa tahfidz, 2 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis tinggi, 9 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis rendah; 3) Terdapat pengaruh signifikan menghafal Al-Qur?an terhadap kecerdasan logis matematis siswa tahfidz terlihat dari thitung (11,958) {\ensuremath{>}} ttabel (1,796) dan nilai signifikansi 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05.} }