%0 Thesis %9 Skripsi %A Hanin Nur Laili, NIM.: 18106000023 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:53435 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Menghafal Al-Qur’an, Kecerdasan Logis Matematis, Siswa Tahfidz %P 186 %T PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA TAHFIDZ KELAS VIII SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53435/ %X Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Ali Maksum pada siswa tahfidz kelas VIII tahun ajaran 2021/ 2022. Sampel yang digunakan sebanyak 13 siswa dengan teknik sampling yang digunakan total sampling atau sampel jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket untuk data menghafal Al-Qur’an dan soal untuk data kecerdasan logis matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang terdiri dari uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan: 1) Dari 13 siswa tahfidz, 5 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur’an tinggi, 5 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur’an sedang, dan 3 siswa ada di kategori tingkat menghafal Al-Qur’an rendah; 2) Dari 13 siswa tahfidz, 2 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis tinggi, 9 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa ada di kategori tingkat kecerdasan logis matematis rendah; 3) Terdapat pengaruh signifikan menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan logis matematis siswa tahfidz terlihat dari thitung (11,958) > ttabel (1,796) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. %Z Pembimbing : Burhanuddin Latif, M.Si.,