%0 Thesis %9 Skripsi %A Diana Intan Ramadhani, NIM.: 18106000033 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:53436 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Matematika %P 148 %T “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA PADA MATERI BARIS DAN DERET GEOMETRI” %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53436/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 3 Bantul; 2) seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 3 Bantul Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Bantul Yogakarta pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 42 siswa pada kelas XI Agama 1 dan XI Agama 2 dengan teknik pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes skala kecerdasan emosional dan tes tertulis hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana yang telah melalui uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji liniearitas. Setelah melalui uji asumsi klasik langkah berikutnya yaitu melalui uji hipotesis seperti uji t, koefisien determinasi, dan interpretasi model. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 12,8% sedangkan sisanya 87,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini %Z Pembimbing : Sumbaji Putranto, M.Pd.