TY - THES N1 - Pembimbing : Sumbaji Putranto, M. Pd. ID - digilib53437 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53437/ A1 - Dian Budi Utami, NIM.: 18106000043 Y1 - 2022/06/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran model blended learning. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa. Kemudian penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui upaya guru untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran dengan model blended learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kebumen. Teknik pemilihan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan jumlah 21 responden. Instrumen untuk variabel kemandirian belajar adalah angket dan pedoman wawancara kemandirian belajar. Sedangkan untuk variabel hasil belajar menggunakan tes dan pedoman wawancara hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar berada pada kategori sedang. Terdapat faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar, diantaranya adalah inisiatif belajar, penetapan tujuan belajar, pemilihan strategi belajar, serta adanya pembiasaan belajar mandiri. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa diantaranya yaitu penyediaan sumber belajar, penggunaan strategi mengajarkan materi dengan pendekatan kontekstual serta diskusi, serta pembiasaan belajar mandiri. Kemudian, hasil belajar siswa berada pada kategori sedang. Terdapat faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal seperti motivasi dan minat belajar siswa serta faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan keluarga. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu memberikan motivasi bagi siswa, memberikan penjelasan materi, serta memberikan apresiasi untuk membuat siswa bersemangat dalam meningkatkan hasil belajarnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - kemandirian belajar KW - hasil belajar matematika KW - blended learning M1 - skripsi TI - ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING KELAS X MAN 2 KEBUMEN AV - restricted EP - 296 ER -