eprintid: 53439 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/34/39 datestamp: 2022-09-26 04:55:41 lastmod: 2022-09-26 04:55:41 status_changed: 2022-09-26 04:55:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Siti Masyitoh Azzahra Lubis, NIM. 18106000045 title: ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI DI MTs SUNNI DARUSSALAM ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: AKM Numerasi, Berpikir Kritis, Level Critical Thinking (LCT) note: Pembimbing : Dian Permatasari M.Pd. abstract: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mengukur capaian hasil belajar kognitif siswa pada kemampuan literasi dan numerasi. Adanya AKM Numerasi berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Sunni Darussalam dengan subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII pada tahun ajaran 2021/2022 dengan total 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Instrumen soal tes berpacu pada soal AKM Numerasi yang terdiri dari 4 soal dengan domain yang berbeda dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan berdasar pada teknik analisis model Miles dan Huberman dengan langkah analisis berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal AKM Numerasi yaitu pada domain bilangan didapatkan bahwa siswa dengan LCT 1, 2, dan 3 memenuhi kriteria yang sama yaitu pada kriteria focus, reason, dan situation. Pada domain aljabar didapatkan bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang beragam, dengan kriteria yang memenuhi LCT 1, 2 dan 3 yaitu pada kriteria focus, dan reason. Pada domain geometri, didapatkan bahwa sebagian besar siswa memenuhi LCT 1 dan lainnya memenuhi LCT 2, serta domain data dan ketidakpastian, sebagaian besar siswa memenuhi LCT 0, dan lainnya pada LCT 2. date: 2022-06-15 date_type: published pages: 212 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Masyitoh Azzahra Lubis, NIM. 18106000045 (2022) ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI DI MTs SUNNI DARUSSALAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53439/1/18106000045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53439/2/18106000045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf