eprintid: 53457 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/34/57 datestamp: 2022-09-26 07:29:14 lastmod: 2022-09-26 07:29:14 status_changed: 2022-09-26 07:29:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Dewi Ratna Sari, NIM.: 18106070002 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA GOOGLE SITES BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM ispublished: pub subjects: TA divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Research and Development (R&D), Google Sites, Hidrolisis Garam note: Pembimbing : Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc. abstract: Google sites merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh google yang digunakan untuk membuat situs website dengan gratis dan mudah di buat tanpa memerlukan pengcodingan. Google sites dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang sifatnya interaktif pada materi kimia khususnya pada materi hidrolisis garam. Materi hidrolisis garam diperlukan tingkat pemahaman yang tinggi mengenai konsep maupun simbolik. Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik media pembelajaran kimia google sites berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi hidrolisis garam, mengetahui kualitas kelayakan produk berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, reviewer, serta respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian 4-D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate, namun dibatasi pada tahap development. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan lima reviewer serta di respon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas produk menggunakan lembar angket skala Likert dan respon peserta didik menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran kimia dengan tampilan website yang dikembangkan melalui platform google sites serta dilengkapi dengan materi hidrolis garam yang memuat komponen-komponen pendekatan kontekstual pada setiap sub materinya, hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 88,63% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh dosen ahli media memperoleh presesntase sebesar 92,5% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh reviewer memperoleh persentase sebesar 90,47% dengan kategori Sangat Baik (SB) serta direspon positif oleh peserta didik yang memperoleh persentase sebesar 94%. Berdasarkan permasalahan diatas dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran. date: 2022-06-28 date_type: published pages: 220 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dewi Ratna Sari, NIM.: 18106070002 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA GOOGLE SITES BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53457/1/18106070002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53457/2/18106070002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf