@phdthesis{digilib53474, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL INSTAGRAM PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STIM (SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT) UNTUK MEMFASILITASI LITERASI DIGITAL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18106090035 Alifia Dityasari}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Ika Kartika S.Pd.}, keywords = {Konten digital, STIM, Literasi Digital, Gerak Melingkar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53474/}, abstract = {Perkembangan teknologi yang masif disertai kebutuhan zaman yang kompleks membutuhkan inovasi dan usaha alternatif untuk pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan konten digital Instagram pembelajaran fisika terintegrasi STIM (Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat) untuk memfasilitasi literasi digital siswa. 2) Mengetahui kelayakan konten digital Instagram pembelajaran fisika terintegrasi STIM untuk memfasilitasi literasi digital siswa. 3) Mengetahui respon siswa terhadap konten digital Instagram pembelajaran fisika terintegrasi STIM untuk memfasilitasi literasi digital siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan meliputi (1) analyze), (2) design, (3) develop, (4) implement, dan (5) evaluate. Penelitian di batasi sampai tahap pengembangan (develop) dengan melakukan uji kelas kecil (small group trial) dan uji lapangan (field group). Penilaian kualitas kelayakan produk dengan skala likert 1-4. Respon guru fisika dan siswa tingkat MA/SMA pada uji coba kelas kecil, dan respon pengguna pada uji lapangan menggunakan skala guttman. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi produk, lembar penilaian kelayakan produk, lembar respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah konten digital Instagram pembelajaran fisika terintegrasi STIM (Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat) untuk memfasilitasi literasi digital siswa pada materi gerak melingkar. Hasil penilaian kualitas kelayakan produk oleh ahli materi, ahli media, dan ahli integrasi-interkoneksi secara berurutan memperoleh rerata penilaian baik (B) dengan skor 3,17, sangat baik (SB) dengan skor 3,44, dan sangat baik (SB) dengan skor 3,5. Hasil uji coba kelas kecil memperoleh rerata respon setuju (S) dengan skor 0,92 terhadap produk pengembangan dan uji coba lapangan memperoleh rerata respon setuju (S) dengan skor 0,92.} }