@mastersthesis{digilib53490, month = {August}, title = {HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA N 1 NGAGLIK DI MASA PANDEMI COVID 19}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19200012024 Ahmad Qomarudin Zain}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A.}, keywords = {Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri, Dukungan Orang Tua, Kemandirian Belajar, Covid-19.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53490/}, abstract = {Kemandirian belajar merupakan kesadaran individu dalam aktivitas belajar yang didasari oleh sikap tanggung jawab, inisiatif, dan tidak tergantung oleh orang lain untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar, kepercayaan diri dan dukungan orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, skala kepercayaan diri, skala dukungan orang tua dan skala kemandirian belajar. Sampel untuk penelitian ini mencakup 182 siswa dikumpulkan menggunakan tehnik cluster random sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar, kepercayan diri dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa SMA N 1 Ngaglik di masa pandemi COVID-19, adapun nilai koefisien korelasi sebesar 0,645 dan p sebesar 0,000 (p{\ensuremath{<}}0,05). Artinya semakin tinggi motivasi belajar, kepercayaan diri dan dukungan orang tua maka semakin tinggi kemandirian belajar siswa, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar, kepercayaan diri dan dukungan orang tua maka semakin rendah kemandirian belajar siswa. Adapun kontribusi motivasi belajar, kepercayaan diri, dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar sejumlah 41,6\%.} }