@mastersthesis{digilib53496, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA (Berbasis Komik Edukasi Dengan Pendekatan Komunikatif Untuk Siswa Di Pondok Pesantren Modern Bina Umat Yogyakarta)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18204021006 Dede Safa?atul Barkah}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag., M.Ag.}, keywords = {Modul Pembelajaran Keterampilan Berbicara dan Membaca, Komik Edukasi, Pendekatan Komunikatif.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53496/}, abstract = {Dalam pembelajaran bahasa Arab penggunaan media pembelajaran menjadi sebuah keharusan bagi setiap guru bahasa Arab, hal ini untuk menunjang keterlaksanaan pembelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan. Terutama dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa Arab yang mencakup; mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Penggunaan komik bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif menjadi salah satu solusi yang bisa dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca siswa di Pondok Pesantren Modern Bina Umat Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media komik edukasi dengan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca siswa di Pondok Pesantren Modern Bina Umat dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media komik ini. Produk ini kami beri judul ?Dhuha dan Masa (komik bahasa Arab Volume 01)?. Penelitian ini menggunakan penelitian R\&D model ADDIE yang meliputi lima langkah utama yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Produk komik Dhuha dan Masa ini di validasi oleh dosen pembimbing, ahli media pembelajaran, ahli bahan ajar dan ahli materi, serta direspon oleh 30 orang siswa SMP dan SMA IT Bina Umat Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk melihat hasil dan kualitas produk dan angket respon untuk melihat respon siswa terhadap produk. Hasil peneltian pengembangan modul mah{\=a}rah berbicara dan memang komik edukasi dengan pendekatan komunikatif meliputi hasil validator, produk ini memiliki kualitas yang baik dengan persentase keidealan sebesar 88\%, sedangkan hasil dari respon siswa terhadap modul komik ini memiliki kualitas baik dengan persentase 78\%. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk komik ini layak digunakan dan dapat dijadikan modul pembelajaran bahasa Arab.} }