%0 Thesis %9 Skripsi %A SAPUTRI DWI ASTUTI - NIM. 06420002 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2011 %F digilib:5350 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Bahasa Arab , Tunanetra %T PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5350/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dan penguasaan bahasa Arab siswa tunanetra Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para guru dalam memperoleh wawasan baru tentang metode pembelajaran yang bisa digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data siswa kelas VIII MTs Yaketunis sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Dari hasil pengamatan (observasi) penyusun serta wawancara dengan guru bahasa Arab MTs Yaketunis, sebagian besar siswa tunanetra telah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini menunjukan bahwa sesungguhnya siswa yang menyandang tunanetra belum tentu lebih sulit untuk menerima materi pelajaran daripada para siswa awas. Walaupun masih ada kendala-kendala yang dihadapi para siswa tunanetra dalam belajar bahasa Arab, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus belajar khususnya belajar bahasa Arab. Dengan didorong oleh guru yang selalu memotivasi dan membantu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh para siswa tunanetra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya nilai rata-rata hasil tes penguasaan siswa terhadap materi bahasa Arab siswa tunanetra kelas VIII MTs Yaketunis, yang telah diberikan pada semester genap sebesar 77.86 atau masuk dalam kategori BAIK, nilai tersebut hanya terpaut sedikit dengan nilai rata-rata hasil tes penguasaan bahasa Arab siswa awas sebesar 75.34 dan masuk dalam kategori BAIK pula. div %Z Pembimbing: DR.H. Nazri Syakur, M.A.