eprintid: 53524 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/35/24 datestamp: 2022-09-27 08:54:59 lastmod: 2022-09-27 08:54:59 status_changed: 2022-09-27 08:54:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Mariana Ulfa, NIM.: 18204090026 title: ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG SEBELUM DAN SAAT (MASA) PENDEMI COVID 19 ispublished: pub subjects: mkpi divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: Analisis strategi pemasaran jasa pendidikan, pemasaaran jasa pendidikan, strategi pemasaran jasa pendidikan note: Pembimbing : Prof. Dr. Hamruni, M.Si abstract: Persaingan lembaga pendidikan dan pandemic covid-19 merupakan tantangan bagi setiap lembaga pendidikan di berbagai tingkatan. Pentingnya strategi yang sesuai untuk merespon tantangan yang ada, sehingga lembaga memiliki eksistensi dan terjamin keberlangsungannya. Universitas Muhammadiyah Magelang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mampu merespon tantangan persaingan dan pandemic covid-19 dengan baik melalui strategi pemasaran yang dilakukan, hal ini dapat dilihat dari adanya konsistensi jumlah mahasiswa baru yang diterima dari sebelum pandemic dan saat pandemic. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif guna mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilaksanakan sebelum dan saat adanya pandemic covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Universitas Muhammadiyah Magelang mampu merespon tantangan persaingan dan pandemic covid-19 melalui strategi pemasarannya. adapun strategi pemasaran yang digunakan yaitu jenis bauran pemasaran atau marketing mix dengan memenuhi 7 komponen strategi yaitu 1) Produk yang unggul, 2) Biaya pendidikan yang terjangkau, 3) Akses lokasi yang strategis, 4) Poromosi melibatkan semua SDM berbasis digital dan non-digital, 5) Sumber daya manusia yang berkompeten, 6) Gedung dan fasilitas berkualitas 7) Pelayanan yang baik dan optimal. date: 2022-08-15 date_type: published pages: 214 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Mariana Ulfa, NIM.: 18204090026 (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG SEBELUM DAN SAAT (MASA) PENDEMI COVID 19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53524/1/18204090026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53524/2/18204090026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf