@mastersthesis{digilib53537, month = {August}, title = {MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 2 KOTA BANJAR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18204090041 Ahmad Afrizal Rizqi}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. H. Sabaruddin, M.Si}, keywords = {Manajemen Kepemimpinan Perempuan, Peningkatan Mutu Pendidikan, MIN 2 Kota Banjar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53537/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan atas dasar latar belakang yang menunjukkan bahwa kepemimpinan MIN 2 Kota Banjar dikepalai oleh seorang perempuan. Dalam melaksanakan kepemimpinan nya kepala Madrasah MIN 2 Kota Banjar mampu menghasilkan banyak prestasi dan meningkatknya mutu pendidikan di MIN 2 Kota Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep manajemen kepemimpinan perempuan yang digunakan oleh di MIN 2 Kota Banjar, mendeskripsikan implementasi manajemen kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 2 Kota Banjar. dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 2 Kota Banjar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data bersifat induktif dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) konsep manajemen kepemipinan kepala Madrasah di MIN 2 Kota Banjar adalah partisipatif yaitu fungsi pimpinan yang tidak sekedar berlangsung/bersifat dua arah tetapi berwujud pelaksanaan hubungan manusia yang efektif antara pemimpin dengan yang dipimpin. 2) Manajemen kepemimpinan perempuan kepala Madrasah MIN 2 Kota Banjar dalam meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan perencanaan mutu, pengendalian mutu, perbaikan dan peningkatan mutu dapat disimpulkan berjalan dengan baik. Hal ini berdasarkan atas terlaksananya semua aspek perencanaan, pengendalian dan perbaikan dan peningkatan mutu. Serta dapat dilihat dari tercapainya mutu pendidikan berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengenaik 8 Standar Nasional Pendidikan. 3) faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 2 Kota Banjar yaitu dapat berjalannya perumusan Visi, Misi dan Tujuan Madrasah, Evaluasi Diri Madrasah, Peranan kepala Madrasah, Peningkatan Mutu Guru. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 2 Kota Banjar yaitu kepala Madrasah memiliki tugas mengajar yang berlebihan, dan kepala Madrasah memiliki profesi yang sama dengan guru.} }