eprintid: 53560 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/35/60 datestamp: 2022-09-28 03:01:23 lastmod: 2022-09-28 03:01:23 status_changed: 2022-09-28 03:01:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Joko Lukito, NIM.: 19204020034 title: PENGEMBANGAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami bahasa Arab melalui metode audio-lingual pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Suronatan. Metode audio-lingual (Metode mendengarkan dan berbicara) merupakan metode yang didasari pada pendekatan struktural dalam pembelajaran bahasa. Kemampuan menyusun teks secara lisan dapat diukur dengan keterampilan dalam mengungkapkan maksud, gagasan, dan pemikirannya dalam bahasa Arab secara sederhana maupun sitematis. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) melalui pendekatan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and, Evaluation). Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Study). Peneliti menggunakan sampel berjumlah 82 siswa yaitu kelas V A menjadi kelas kontrol dan V B menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 11 pertanyaan yang ditujukan pada lembar kuisioner, diperoleh hasil yang sangat baik dengan rata-rata 4,8 dan dapat diartikan siswa sangat puas terhadap pengembangan metode pembelajaran menggunakan audio-lingual. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 4,2 dalam memahami bahasa Arab menggunakan metode audio-lingual pada siswa/siswi kelas V SD Muhammadiyah Suronatan, Yogyakarta. note: Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami bahasa Arab melalui metode audio-lingual pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Suronatan. Metode audio-lingual (Metode mendengarkan dan berbicara) merupakan metode yang didasari pada pendekatan struktural dalam pembelajaran bahasa. Kemampuan menyusun teks secara lisan dapat diukur dengan keterampilan dalam mengungkapkan maksud, gagasan, dan pemikirannya dalam bahasa Arab secara sederhana maupun sitematis. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) melalui pendekatan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and, Evaluation). Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Study). Peneliti menggunakan sampel berjumlah 82 siswa yaitu kelas V A menjadi kelas kontrol dan V B menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 11 pertanyaan yang ditujukan pada lembar kuisioner, diperoleh hasil yang sangat baik dengan rata-rata 4,8 dan dapat diartikan siswa sangat puas terhadap pengembangan metode pembelajaran menggunakan audio-lingual. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 4,2 dalam memahami bahasa Arab menggunakan metode audio-lingual pada siswa/siswi kelas V SD Muhammadiyah Suronatan, Yogyakarta date: 2022-08-26 date_type: published pages: 167 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Joko Lukito, NIM.: 19204020034 (2022) PENGEMBANGAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53560/1/19204020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%282%29.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53560/2/19204020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%20%282%29.pdf