relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53573/ title: ISLAMIC PARENTING EDUCATION DI TKIT SALMAN ALFARISI YOGYAKARTA creator: Murniyati Djufri, S.Ag, NIM.: 20200011119 subject: Psikologi Pendidikan Islam description: Modernitas zaman memberikan tantangan dalam dunia pendidikan untuk lebih memperhatikan perilaku anak. Berbagai media menyodorkan beragam perilaku amoral yang dilakukan oleh anak-anak; mulai dari bullying, ngelem, sikap intoleran, hingga kasus pornografi yang menjaring anak-anak. Mengingat apa yang dikatakan oleh Kuntowijoyo bahwasanya di balik perkembangan ilmu dan teknologi, zaman yang modern menyimpan sesuatu yang bisa menghancurkan martabat kemanusiaan. Oleh karenanya, pendidikan yang diberikan perlu dikuatkan juga dari dalam keluarga dengan lebih meningkatkan perhatian pada pendidikan spiritualitas. Yang disayangkan, tidak semua orang tua memahaminya. Maka menurut Zakiah Daradjat, orang tua membutuhkan bantuan orang lain, dalam hal ini sekolah menjadi lembaga yang kredibel dan kompatibel untuk memberikan pemahaman kepada orang tua mengenai pengasuhan dan pendidikan untuk anak. Atas dasar itulah, penelitian ini mengkaji bagaimana konsep Islamic parenting education dan bagaimana parenting education dalam pendekatan spiritualitas Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap program Islamic Parenting Education yang dilaksanakan di TKIT Salman Al- Farisi Yogyakarta. Data-data dikumpulkan melalui wawancara secara langsung (face to face) maupun via daring. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 3 orang guru serta 10 orang tua siswa TKIT Salman Al-Farisi. Selain itu, data-data juga didapatkan melalui observasi dan dokumentasi di TKIT Salman Al-Farisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic parenting education di TKIT Salman Al-Farisi memiliki sebutan khusus yakni SOS (Sekolah Orang Tua Salman). SOS merupakan bentuk pendidikan untuk orang tua yang mencakup perihal pengasuhan anak dengan pendidikan agama dan karakter berdasarkan nilai-nilai Islam. Yang lebih ditekankan dalam SOS mengarah kepada perhatian terhadap ibadah dan adab dengan mencontohkan, berusaha merutinkan, dan membiasakan kepada anak. Adapun spiritualitas masih kurang mendapat perhatian dalam SOS. Sehingga menunjukkan bahwa spiritualitas menjadi urgensi dalam pelaksanaan SOS yang perlu diseimbangkan dengan kedua aspek sebelumnya. Hal ini supaya ada pemaknaan dalam pengasuhan dan pendidikan yang diberikan kepada anak dengan keterhubungan pada Tuhan (muraqobah). Agar kemudian dapat terimplementasikan pada penumbuhan kecerdasan dan kearifan anak yang dipenuhi kelembutan dan kasih sayang dalam muraqobah. date: 2022-07-25 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53573/1/20200011119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53573/2/20200011119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Murniyati Djufri, S.Ag, NIM.: 20200011119 (2022) ISLAMIC PARENTING EDUCATION DI TKIT SALMAN ALFARISI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.