<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur)"^^ . "Semenjak pandemi berlangsung telah memberikan dampak dalam dunia\r\npendidikan. Kebijakan belajar dari rumah kurang begitu optimal. Hal ini\r\ndilatarbelakangi oleh berbagai penyebab yang mempengaruhi aspek\r\nperkembangan terutama bahasa dan kognitif. Tujuan penelitian ini dilakukan\r\ndengan harapan media flash card menjadi solusi efektif untuk peningkatan\r\nkemampuan keaksaraan dan berpikir simbolik anak usia 5 – 6 tahun.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and\r\nDevelopment dengan model ADDIE. Lokasi penelitian TK Islam Al-Qudsiyyah\r\nPringgasela. Subyek penelitian kelompok B2. Teknik pengumpulan data observasi\r\ndan kuesioner. Instrumen pengumpulan data pedoman observasi dan tes (lembar\r\nkerja anak). Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Teori yang mendukung\r\npenelitian ini yakni teori Jean Piaget bahwa berpikir sebagai prasyarat berbahasa\r\nsalah satunya mulai menggunakan simbol.\r\nBerdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) alasan logis media\r\nflash card penting untuk dikembangkan, meliputi: (1) analyze; (2) design; dan (3)\r\ndevelopment. (b) implementasi media flash card untuk peningkatan kemampuan\r\nkeaksaraan dan berpikir simbolik anak usia 5 – 6 tahun, meliputi: (1)\r\nimplementation flashcard: kegiatan awal, inti, dan akhir (implementasi I – III); (2)\r\nhasil keefektivan flashcard: hasil implementasi keaksaraan I mendapatkan ratarata\r\nsebesar (44,96% / MB), II (67,53% / BSH), III (92,87% / BSB). Sedangkan\r\nhasil implementasi berpikir simbolik I (55,38% / BSH), II (71,52% / BSH), III\r\n(96,00% / BSB); serta (3) evaluation. (c) kekuatan dan kelemahan media flash\r\ncard yang telah dikembangkan, meliputi: (1) kekuatan flash card, meliputi:\r\ndesain, memliki manfaat, serta meningkatkan aspek perkembangan bahasa dan\r\nkognitif; dan (2) kelemahan flash card, meliputi: jumlah kartu, penggabungan\r\nkartu, serta belum diterbitkan."^^ . "2022-06-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 19204032014"^^ . "Mitha Purnama Sari"^^ . "NIM.: 19204032014 Mitha Purnama Sari"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Text)"^^ . . . . . "19204032014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Text)"^^ . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR\r\nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN\r\n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela,\r\nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #53577 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR \nSIMBOLIK MELALUI MEDIA FLASH CARD ANAK USIA 5 – 6 TAHUN \n(Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela, \nKec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)" . .