eprintid: 53586 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/35/86 datestamp: 2022-09-28 07:08:14 lastmod: 2022-09-28 07:08:14 status_changed: 2022-09-28 07:08:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Barirohmah, NIM.: 19204090029 title: MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMK PELITA BUANA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: mkpi divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Pembinaan Karakter Religius, Hidden Curriculum note: Pembimbing : Dr. Nur Saidah, S.Ag., M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini berhubungan dengan pentingnya pembinaan karakter religius kepada siswa sebagai upaya dalam membentengi diri siswa dari pengaruh pergaulan di usia remaja. Dengan cara dibangun nilai-nilai karakter As-Shidiq, amanah, fathonah, tablaigh, bertanggungjawab, disiplin dan peduli. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru jurusan Tata Busana. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sementara teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan pembinaan karakter religius melalui hidden curriculum di SMK Pelita Buana Yogyakarta tidak menerapkan fungsi manajemen. Dalam kegiatan pembinaan karakter religius melalui hidden curriculum tersebut tidak terdapat adanya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan evaluasi. Sehingga tidak dapat diketahui dengan jelas dan pasti perkembangan dan hasil pembinaan karakter religius melalui hidden curriculum di SMK Pelita Buana Yogyakarta. Kegiatan pembinaan karakter religus tersebut dilakukan dengan spontanitas. Adapun kegiatan pembinaan karakter yang hanya spontanitas tersebut dapat memperlihatkan hasil bahwa terdapat kesadaran siswa dalam hal kejujuran dan dapat dipercaya dalam mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya. Siswa menjadi lebih disiplin dalam menggunakan waktu untuk menyelesaikan tugas sekolah. Siswa bertanggungjawab dan peduli atas kehormatan dirinya sendiri dengan cara berbusana yang menutup aurat dalam kesehariannya. Siswa dapat berdakwah dengan berpenampilan yang menunjukan identitas sebagai seorang muslimah. Siswa menjadi pribadi yang lebih santun dan bertanggungjawab setelah menjalani pembinaan karakter religius di SMK Pelita Buana Yogyakarta. date: 2022 date_type: published pages: 177 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Barirohmah, NIM.: 19204090029 (2022) MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMK PELITA BUANA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53586/1/19204090029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53586/2/19204090029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf