eprintid: 5359 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/53/59 datestamp: 2024-03-25 05:13:57 lastmod: 2024-03-25 05:14:28 status_changed: 2012-05-04 16:47:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UUL FATUN - NIM. 06410117, title: PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TEOLOGI PEMBEBASAN (Studi Kritis Pemikiran Asghar Ali Engineer) ispublished: pub full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Islam , Teologi Pembebasan note: Pembimbing: Drs. Usman, SS., M.Ag. abstract: ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan Islam mempunyai peran yang sangat penting sekali dalam kehidupan umat manusia. Pendidikan Islam memiliki misi profetis sebagai agen pembebasan (agen of liberation). Paradigma pembebasan tersebut dapat diwujudkan dengan praksis, yaitu antara refleksi dan aksi, teori dan praktek, serta iman dan amal. Oleh karena itu, pendidikan harus mampu melahirkan manusia merdeka dan bertanggungjawab, serta mampu menghadapi tantangan di tengah kehidupan global dewasa ini. Dalam kenyataannya, pendidikan Islam dalam melakukan transformasi terhadap masyarakat belum sepenuhnya tercapai. Pendidikan Islam seolah telah menjadi institusi yang ekslusif dalam menyampaikan ajarannya. Sebagai konsekuensinya pendidikan Islam sebagai pengemban misi profetis, telah kehilangan semangat dan vitalitasnya sebagai agen pembebasan. Selain itu, selama ini pendidikan lebih berorientasi mencetak individu-individu yang pragmatis, individualis, serta mengabaikan aspek-aspek manusia sebagai bagian dari masyarakat. Oleh karena itu, merupakan agenda yang mendesak untuk melakukan revitalisasi semangat pembebasan dalam pendidikan Islam. Salah satu pemikir modernis, Asgar Ali Enginer berusaha memahami Islam melalui teologi pembebasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep teologi pembebasan yang digagas oleh Asghar Ali Engineer serta bagaimana esensi dari konsep tersebut mampu menjadi basis dalam Pendidikan Islam. Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi sebuah pijakan atau pertimbangan dalam mempelajari dan membenahi pendidikan Islam, terutama terkait dengan problem pendidikan Islam yang sifatnya mendasar dan aktual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan objek material penelitian adalah kepustakaan dari beberapa karya Asghar Ali Engineer, baik itu berupa buku-buku maupun dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan konsep pemikiran Engineer. Proses pengumpulan data dilakukan melaui metode dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode interpretasi, yakni menunjukkan arti, mengungkapkan serta mengatakan esensi dari konsep pemikiran Engineer secara objektif. Dalam menarik sebuah kesimpulan, digunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: beberapa esensi dari konsep teologi pembebasan Engineer, mampu menjadi basis Pendidikan Islam, dengan formulasi sebagai berikut: pertama, Pendidikan Humanis, artinya pendidikan harus mampu memanusiakan manusia (humanizing), pendidikan tidak boleh menganggap manusia semata-mata bagaikan mesin atau konsumen yang selalu siap untuk membeli produk-produk pengetahuan. Meletakkan manusia pada tempat yang berada di atas makhluk ciptaan yang lain, yaitu sebagai ciptaan Tuhan yang paling sempurna dan mulia. Kedua, Pendidikan Liberatif, artinya pendidikan harus mampu membebaskan manusia, artinya setelah manusia mengenal dan memperoleh sesuatu dari pendidikan, ia menjadi terbebas, bukan menjadi semakin terbelenggu. Membebaskan manusia dari setidak-tidaknya tiga hal; bebas dari ketidaktahuan, bebas dari pengetahuan yang keliru menjadi pengetahuan yang benar, dan bebas dari penindasan. Ketiga, Pendidikan Transendental, artinya tugas pendidikan adalah untuk mengembalikan manusia kepada derajat kemuliaannya, yaitu melalui pendekatan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa. Proses pendekatan ini berimplikasi pada proses transformasi pendidikan Islam untuk menciptakan keadilan dan kebajikan dalam masyarakat, sehingga terwujud apa yang disebut Islam rahmatan lil alamin. div date: 2011-01-24 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-01-24 11:55:13 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--uulfatunni-5139-1-uulfatu-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/103/digilib-uinsuka--uulfatunni-5139-1-uulfatu-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=5720 ; nama file lama : UUL FATUN - NIM. 06410117 PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TEOLOGI PEMBEBASAN (Studi Kritis Pemikiran Asghar Ali Engineer).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1197553 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-01-24 11:55:13 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--uulfatunni-5139-1-uulfatu-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/103/digilib-uinsuka--uulfatunni-5139-1-uulfatu-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=5720 ; nama file lama : UUL FATUN - NIM. 06410117 PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TEOLOGI PEMBEBASAN (Studi Kritis Pemikiran Asghar Ali Engineer).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1197553 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: UUL FATUN - NIM. 06410117 (2011) PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TEOLOGI PEMBEBASAN (Studi Kritis Pemikiran Asghar Ali Engineer). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5359/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5359/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf