%A NIM.: 20204011018 Nisa Nurrohmah %O Pembimbing : Prof. Dr. Tasman Hamami, MA. %T PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 PESAWARAN LAMPUNG %X Salah satu indikator keberhasilan sekolah adalah diterimanya siswa diberbagai sekolah favorit. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran guru dalam pembelajaran. Guru sebagai pendidik memiliki berbagai peran diantaranya mendidik, mengajar, membimbing, dan melatih. Oleh karena itu, peran seorang guru sangat menentukan keberhasilan siswa. Tujuan penelitian menganalisis peran guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Pesawaran Lampung. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber penelitian: satu orang kepala sekolah, satu orang waka kurikulum, dua orang guru PAI, dan tiga orang siswa. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermas yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi: triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, peran guru diantaranya: (1) Perencana program pembelajaran: guru merancang program tahunan, merancang prota, promes, silabus, merancang pembuatan rencana pelaksaan pembelajaran, termasuknya menentukan strategi dan metode mengajar. (2) Pengelola pembelajaran: guru membuka dan menutup pembelajaran, guru mengembangkan variasi stimulus, menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang menarik, serta menggunakan lagu. (3) Penilaian pembelajaran: penilaian sikap, penilaian tes tertulis, penilaian proyek dan penilaian keterampilan. Kedua, pengembangan perangkat pembelajaran diantaranya (1) Analisis KD-Indikator: guru menganalisis KD-Indikator disesuaikan dengan kondisi psikologis siswa sehingga tepat sasaran, menganalisis dan mempertimbangkan faktor kognitif, psikomotorik dan afektif. (2) Sumber belajar: Guru menganalisis buku pegangan guru, modul, referensi yang menunjang pembelajaran, dan vidio. (3) Pemilihan dan penentuan bahan ajar: Guru menentukan cakupan bahan ajar, menentukan urutan bahan ajar, strategi penyampaian bahan ajar oleh guru, strategi mempelajari bahan ajar. %K Guru, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, PAI, Kurikulum 2013 %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib53596