eprintid: 5363 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/53/63 lastmod: 2012-05-04 16:47:52 status_changed: 2012-05-04 16:47:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZULFAH JUWARIYAH - NIM. 06420016 , title: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010 ispublished: pub full_text_status: none keywords: Bahasa Arab , Motivasi belajar note: Pembimbing: DR.H. Nazri Syakur, M.A. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus terhadap 38 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan secara deskriptif dengan teknik prosentase. Tingkat motivasi siswa dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, proses pembelajaran bahasa Arab melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat berlangsung dengan baik dalam dua siklus dan dilakukan dengan enam tahapan, yaitu persiapan, pembentukkan kelompok (penomoran), mempersiapkan buku paket atau buku panduan, diskusi masalah, memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban dan mengambil kesimpulan. Kedua, adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Aspek motivasi siswa meliputi: rasa senang, perhatian dan partisifasi. Pada pra tindakan prosentase sebesar 77,1%, siklus I prosentase mengalami peningkatan menjadi 81,41%, dan siklus II prosentase meningkat menjadi 82,24%. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat digunakan jika terdapat permasalahan yang sama dalam tingkat penerimaan dan pemahaman siswa dalam belajar bahasa Arab yang sangat bervariatif. div date: 2011-01-24 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-01-24 12:15:32 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--zulfahjuwa-5143-1-zulfahj-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/103/digilib-uinsuka--zulfahjuwa-5143-1-zulfahj-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=5723 ; nama file lama : ZULFAH JUWARIYAH NIM. 06420016 - MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA ; format file : application/pdf ; besar file : 1846917 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-01-24 12:15:32 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--zulfahjuwa-5143-1-zulfahj-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/103/digilib-uinsuka--zulfahjuwa-5143-1-zulfahj-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=5723 ; nama file lama : ZULFAH JUWARIYAH NIM. 06420016 - MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA ; format file : application/pdf ; besar file : 1846917 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ZULFAH JUWARIYAH - NIM. 06420016 , (2011) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.