%0 Thesis %9 Masters %A Nadiya Ulya, NIM.: 20204031017 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:53641 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan, Bahan Ajar Vocabularies, Bahasa Inggris, Anak Usia Dini, K-13 %P 208 %T DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VOCABULARIES UNTUK KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI BERBASIS K-13 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53641/ %X Penelitian ini dilakukan karena pentingnya mengenalkan bahasa Inggris sejak anak berada pada usia dini dan kesulitan pendidik dalam menemukan panduan dalam mengenalkan bahasa Inggris kepada anak usia dini. Pendidikan bahasa Inggris di sekolah dasar sekarang wajib di sebagian besar wilayah Indonesia, karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam hubungan internasional dan banyak digunakan dalam semua cabang ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar vocabularies untuk kemampuan bahasa inggris anak usia dini berbasis K-13. Menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) dengan pendekatan one group pretest posttest dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Populasi dari penelitian ini anak kelas B di PAUD Negeri Pembina Amuntai Selatan dengan sampel diambil secara random yaitu 18 orang anak kelas B1. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, test, dan angket. Hasil penilaian produk secara keseluruhan didapatkan dari penilaian para ahli media, ahli materi dan respon guru, pengembangan produk bahan ajar vocabularies untuk kemampuan bahasa inggris anak usia dini berbasis K-13 termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan nilai 87,9. Hasil uji coba efektivitas produk bahan ajar vocabularies untuk kemampuan bahasa inggris anak usia dini berbasis K-13 mendapatkan nilai rata-rata pada pretest sebesar 38,50 sedangkan posttest mendapatkan nilai rata-rata sebesar 50,22. Selisih dari nilai rata-rata tersebut sebanyak 11,72 yang dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai setelah menggunakan bahan ajar vocabularies. Dan berdasarkan hasil uji paired sample t-test didapatkan hasil nilai Sig 0,000 lebih kecil dari pada 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan nilai pengenalan bahan ajar vocabularies sebelum dan sesudah pemberian perlakuan %Z Pembimbing : Dr. Hj. Naiā€Ÿmah, M. Hum.