TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H. Suyadi, MA. ID - digilib53658 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53658/ A1 - Nadia El-Huda Anza, NIM: 20204031023 Y1 - 2022/06/06/ N2 - Penelitian ini diawali dari keresahan peneliti berdasarkan penelusuran dan pengamatan di lapangan terkait pendidikan moral pada anak usia dini laki-laki kepada anak perempuan. Berdasarksan identifikasi penelusuran peneliti tentang moralitas anak di TK IT Al Khair Barabai menunjukkan bahwa adanya perilaku negatif pada anak laki-laki usia dini terhadap anak perempuan, seperti memukul, meneriaki, memusuhi, enggan menolong dan lain sebagainya. Pendidikan moral sejak usia dini diharapkan agar anak menjadi pribadi yang baik di usia dewasa. Peneliti tertarik untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif pendamping guru dalam membangun moralitas positif anak laki-laki usia dini terhadap perempuan. Modul ini sebagai pengembangan atas kajian modul terdahulu dalam pembelajaran moral anak usia dini, mendeskripsikan kelayakan pengembangan e-modul, mendeskripsikan hasil eksperimen model baru dan menerapkan e-modul pembelajaran moral membangun moralitas positif anak laki-laki usia dini terhadap perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Diuji coba di TK IT Al Khair Barabai Kabupaten HST. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul PAUD yang mengacu pada Kurikulum 2013 Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dalam Kompetensi Inti 2 menjurus lebih dalam yakni Kompetensi Dasar 2.9, 2.10, 2.12, 2.13, 2.14 tentang Nilai Agama dan Moral, serta mengetahui efektivitas pada lima nilai-nilai penting yang dibangun. Kelima nilai itu yakni mengajarkan kebaikan, mengenalkan tokoh laki-laki berakhlak positif, mengungkapkan perasaan dengan perilaku dan perkataan yang baik, mengajarkan sikap kepedulian serta dukungan dan mengenalkan keterampilan rumah tangga. Tahap pengembangan meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk oleh ahli media dan ahli materi dan pendidik untuk memberi penilaian serta masukan terhadap produk yang dikembangkan, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar. Hasil penelitian ini menyatakan rata-rata skor validator pengembangan memberikan penilaian skor rata-rata para ahli materi 4,63 dan ahli media 4,21, skor respon pendidik rata-rata 4,54, serta hasil pre-test dan post test N-Gain skor 0,79. Observasi terhadap aktivitas pembelajaran moral menunjukkan rata-rata skor 65,80% dengan kategori Muncul (berkembang sesuai harapan) dan 27,70% dengan kategori konsisten (berkembang sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan E-modul pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif dalam membangun moralitas positif anak laki-laki sejak dini kepada perempuan dan dapat diterapkan di TK IT Al Khair Barabai. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Modul KW - Anak Usia Dini KW - Moral Laki-Laki KW - Kriminalitas Perempuan M1 - masters TI - PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MEMBANGUN MORALITAS POSITIF ANAK LAKI-LAKI USIA DINI TERHADAP PEREMPUAN AV - restricted EP - 176 ER -