eprintid: 53659 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/36/59 datestamp: 2022-09-30 01:15:43 lastmod: 2022-09-30 01:15:43 status_changed: 2022-09-30 01:15:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Tiara Nurhayati, NIM.: 20204081003 title: PENGEMBANGAN FLASH MOVIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Media, Flash Movie, Minat dan Hasil Belajar note: Pembimbing : Dr. Siti Fatonah, M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya media pembelajaran yang digunakan ketika proses kegiatan pembelajaran matematika kelas 2 di SD Muhammadiyah Kleco kurang bervariasi. Pada kegiatan observasi media pembelajaran yang digunakan berupa buku guru dan buku siswa, sehingga berdasarkan analisis masih ada beberapa peserta didik yang minat dan hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash, (2) Menganalisis kualitas media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash, dan (3) Menganalisis pengaruh penerapan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik di SD Muhammadiyah Kleco. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan RnD atau (Research and Development) model Robert Maribe Brach yang terdiri 5 tahap ADDIE. 1) Analisis (Analysis) melakukan analisis pemilihan produk, analisis terhadap standar isi yang diambil dari KI, KD, materi, dan analisis kebutuhan peserta didik berdasarkan; (1) masih ada beberapa peserta didik minat belajarnya rendah sehingga hasil belajarnya juga rendah; (2) media pembelajaran yang digunakan sekolah belum banyak serta belum bervariasi; (3) belum ada media pembelajaran digital. 2) Desain (Design) kegiatan membuat draft dan mendesain media pembelajaran. Menggunakan aplikasi macromedia flash dengan materi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pecahan, pengukuran waktu, panjang dan berat, serta keliling dan luas bangun datar. 3) Pengembangan (Development) kegiatan pengembangan produk yang diujikan kepada ahli media dan ahli materi serta respon guru sebagai bahan masukkan maupun evaluasi. 4) Implementasi (Implemantion) tahap menerapkan media yang dilakukan di SD Muhammadiyah Kleco kelas 2 Amanah yang berjumlah 31 peserta didik pada tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 25 Februari 2022. Media dilakukannya pengukuran minat dan hasil belajar. 5) Evaluasi (Evaluation) hasil dari keseluruhan dari penerapan, minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menunjukkan (1) Menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash yang dikemas dalam bentuk flash movie terdiri dari petunjuk penggunaan, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi, video pembelajaran, soal latihan, soal evaluasi, profil, dan refrensi. (2) Media flash movie pembelajaran matematika yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran matematika. Berdasarkan penilaian ahli instrument yaitu ahli materi dengan nilai 94%, ahli media sebesar 94%, dan ahli guru 98%. (3) Media flash movie pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik, hal ini diperoleh berdasarkan uji hipotesis paired sample t-test dengan hasil pada minat dan hasil belajar diperoleh Sig. (2 xiv tailed) sebesar 0,000<0,05. Diperoleh dari perbandingan nilai rata-rata minat belajar pretest 29,65 dan posttest 48,77. Sedangkan, hasil belajar ditunjukkan dengan nilai pretest 58,55 dan posttest 78,55. Hasil tersebut dapat disimpulkan pada minat belajar dan hasil belajar menunjukkan perbedaan yang meningkat signifikan. date: 2022-07-19 date_type: published pages: 161 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Tiara Nurhayati, NIM.: 20204081003 (2022) PENGEMBANGAN FLASH MOVIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53659/1/20204081003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53659/2/20204081003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf