@mastersthesis{digilib53661, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA V SUBTEMA 1 KELAS IV DI SD/MI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20204081008 Muhammad Dhori}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag}, keywords = {Pengembangan Bahan Ajar, Berbasis Budaya Lokal, Meningkatkan Minat Belajar, Meningkatkan Hasil Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53661/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan pada bahan ajar yang digunakan ketika proses kegiatan belajar pada mata pelajaran tematik tematik berbasis budaya lokal Tema V Subtema 1 Kelas IV di SD Negeri 7 Kayuagung. Pada kegiatan observasi, bahan ajar yang digunakan kurang efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, bahan ajar konvensional hanya bisa memuat pembelajaran secara terbatas saja, materi yang digunakan dalam buku pelajaran sulit untuk dimengerti peserta didik, serta tidak ada petunjuk dalam buku bacaan sehingga kurang menarik untuk dipelajari. Penelitian ini mengembangan bahan ajar bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal, dan (3) Mengetahui pengaruh bahan ajar tematik berbasis budaya lokal berpengaruh untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa Tema V Subtema 1 Kelas IV di SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan RnD atau (Research and Development) model Robert Maribe Brach, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar tematik berbasis budaya lokal. Lokasi penelitian di SD Negeri 7 Kayuagung, menggunakan populasi ialah seluruh peserta didik kelas 4 yang berjumlah 21 siswa dan jenis populasi penelitian ini menggunakan sampling jenuh. desain penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari empat tahap yaitu Analisis (analysis), Desain (design), Pengmbangan (Development), Implementasi (Implemantion), Evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data penelitian ini data hasil penilaian ahli, angket, tes, dan teknik analisis penelitian ini pengujian lapangan utama dengan uji normalitas, uji homogen, dan uji Paired Simple T-test. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) menghasilkan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal Tema V Subtema 1 Kelas IV, khususnya materi tematik Tema V Subtema 1. (2) Bahan ajar tematik berbasis budaya lokal yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran matematika materi Tema V Subtema 1. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. Berdasarkan penilaian ahli media nilai 92\%. Sedangkan berdasarkan penilaian ahli materi nilai 96\%. (3) Bahan ajar tematik berbasis budaya lokal telah teruji dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas 4 Sekolah Dasar diperoleh dari perbandingan nilai minat belajar pretest dan posttest dalam pembelajaran menggunakan buku siswa bahan ajar tematik berbasis budaya lokal Tema V Subtema 1 Kelas IV di SD/MI yaitu hasil pretest 29,33 dan hasil posttest 49,62 berada dalam kategori valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan minat belajar. Sedangkan, hasil belajar ditunjukkan dengan nilai pretest 58,10 dan posttest 78,33. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan posttest kelas IV pada minat belajar dan hasil belajar menunjukkan perbedaan yang meningkat signifikan} }