relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53675/ title: PENGARUH METODE AUDIO-LINGUAL TERHADAP KEMAMPUAN PRONUNCIATION DALAM BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BODON YOGYAKARTA creator: Nurul Aflah, NIM.: 20204081009 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan peneliti oleh metode dan media ajar yang belum tepat diterapkan dengan materi ajar, karakteristik siswa, dan kurangnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana penerapan metode audio-lingual berbantuan video animasi terhadap kemampuan pronunciation dalam bahasa inggris siswa (2) menganalisis apakah terdapat pengaruh penerapan metode audio-lingual berbantuan video animasi terhadap kemampuan pronunciation dalam bahasa inggris siswa (3) menunjukkan mengapa metode audio-lingual berbantuan video animasi diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pronunciation bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi-experimental dengan desain penelitian pretest-posttest design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja, wawancara, dokumentasi dan lembar observasi. Instrumen tes unjuk kerja berupa pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pronunciation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistika dengan mentabulasi, uji asumsi dan uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode audio-lingual berbantuan video animasi berjalan dengan lancar dengan melihat antusias, ketertiban, dan kerja sama siswa saat pembelajaran berlangsung. (2) Uji hipotesis menunjukkan hasil signifikasi dengan Nilai sig diperoleh berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dengan bantuan SPSS (Statistical Package Social Sciences). (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pronunciation siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode audio-lingual berbantuan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan pronunciation dalam bahasa Inggris siswa. (3) terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi siswa kesulitan dalam melafalkan bahasa inggris diantaranya siswa yang terbiasa menggunakan bahasa ibu, terpengaruh oleh dialek asalnya, dan kata dalam bahasa Inggris yang cendrung dibaca sama sesuai dengan tulisannya oleh karena itu mengapa metode xxii audio-lingual berbantuan video animasi diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris pada materi expression to invite someone agar siswa dapat mendengarkan kata yang sesuai diucapkan seperti native speaker dan dapat melakukan pengulangan kata sehingga mereka terlatih dan terbiasa dalam pelafalan bahasa inggris yang benar dan tepat. date: 2022-06-15 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53675/1/20204081009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53675/2/20204081009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Nurul Aflah, NIM.: 20204081009 (2022) PENGARUH METODE AUDIO-LINGUAL TERHADAP KEMAMPUAN PRONUNCIATION DALAM BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BODON YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.